Festival Adat Paser Balik akan Tersaji Satu Pekan di Bandara SAMS Sepinggan

0
429
foto. Tari Seleloi ulet (Tarian selamat datang ) dari Paser

Penasatu.com, Balikpapan – Festival Adat Paser Balik akan tersaji selama satu pekan. Untuk itu, Sanggar Tari Paser “Tengkolos Pea Regok” Lembaga Adat Paser Balikpapan Binaan Achmad Noor, mengadakan Geladi Bersih di Rumah Jabatan Wakil Walikota, Minggu (16/6).

foto. penasatu bersama Ahmad Noor

Segala persiapan dilakukan demi suksesnya Pagelaran Festival Adat Paser Balik pada 22-28 Juni 2019 di Terminal Kedatangan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan.

Dalam festival tersebut nantinya akan menampilkan beberapa tarian baik itu tarian Seleloi Ulet (Selamat Datang), tari Diris Bele, tari Bawe Regok, tari Lou Lotung, serta Lagu Pengkeo Taka dan Lagu Buen.

Menurut Achmad Noor, Tarian Seleloi Ulet merupakan tarian yang ditampilkam dalam acara-acara resmi dan penyambutan tamu-tamu kehormatan yang datang berkunjung ke Benuo Taka (Paser).

Achmad Noor juga berharap kepada Pemerintah Kota Balikpapan untuk mengagendakan tiap tahun festival adat Paser tersebut dalam memperkenalkan kebudayaan adat Paser yang notabene merupakan penduduk asli Kota Balikpapan, dan juga diharapkan kepada masyarakat agar datang menyaksikan acara tersebut sebagai bentuk untuk melestarikan kebudayaan.

Melalui lembaga adat paser, Achmad Noor juga merespon dan sangat mendukung dengan adanya festival adat Paser 2019 yang di gelar Disdikbud Kota Balikpapan, bahkan hari kedua pelaksanaan kegiatan tersebut dirinya akan mengajak guru tari dan kesenian baik Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk mengikuti Workshop singkat untuk mengenalkan bagaimana tarian Ronggeng dari Suku Adat Paser.

“Alhamdulillah, kepala sekolah saat ini mendukungnya,” ujar Achmad Noor dengan ramah.*

Wartawan: Riel Bagas/Heriyanto
Editor: BS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here