Gelontorkan Anggaran 61 Miliar Rupiah, Warga Balikpapan Peserta BPJS Kelas III Gratis

0
238 views

Balikpapan, Penasatu.com – Sebanyak 9 rekomendasi tentang Rancangan Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) kota Balikpapan Tahun 2020-2026 diterbitkan Panitia khusus (Pansus) DPRD Balikpapan.

Dari 9 rekomendasi yang diterbitkan salah satunya melaksanakan program BPJS gratis bagi warga kota Balikpapan.

Hal tersebut disampaikan langsung Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh S Sos usai menggelar rapat paripurna dikantor DPRD Balikpapan, Jln Jenderal Sudirman, Klandasan Ilir, Balikpapan Kota (Balkot) Senin (9/8/2021).

Abdulloh menuturkan dalam mengawali visi dan misi walikota Balikpapan tentang Kesehatan dalam penyediakan BPJS gratis, dirinya akan terus mengawal hingga masa jabatan walikota berakhir.

Sebab itulah, kesiapan anggaran harus ada. Pasalnya, anggaran memang diperuntukan untuk kepentingan masyarakat, hanya saja berbeda peruntukannya, baik untuk Infrastruktur, Pendidikan dan Kesehatan.

Selain menyediakan BPJS gratis, pemerintah kota (Pemkot) Balikpapan saat ini tengah menyiapkan sekolah gratis mukai di tingkat SD, SMP dan TK/PAUD.

Politkus Golkar ini menambahkan, program BPJS Gratis hanya diprioritaskan untuk kelas III, hanya saja dalam pemberiannya nanti akan dilakukan verifikasi oleh dinas terkait. “Sehingga pemberian BPJS gratis tepat sasaran,” tegasnya.

Adapun anggaran yang di gelontorkan dalam memenuhi program BPJS gratis yakni sebesar 61 miliar per tahun. Sementara untuk masyarakat yang memiliki tunggakan BPJS, maka pemerintah tidak menanggung tunggakan tersebut.

“Jika RPJMD ini sudah ditetapkan, maka tunggakan bukan tanggung jawab walikota Balikpapan,” pungkasnya.(*/gas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here