Ditengah Merebaknya Covid-19, Satgas TMMD 107 Tetap Laksanakan Tugasnya

0
128

Penasatu.com, Balikpapan – Di tengah merebaknya virus corona disease (COVID -19), sebanyak 25 prajurit Kodim 0905/Balikpapan tetap berada di lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-107 Jalan proklamai, oKelurahan Manggar, Kecamatan Balikpapan Selatan untuk melaksanakan tugasnya.

Meski warga mengamankan diri di rumah dalam mematuhii instruksi pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19, Prajurit TNI Angkatan Darat (AD) tetap melaksanakan salah satu program TMMD yaitu merehab sekitar 20 rumah warga yang tak layak huni.

Seperti diketahui kegiatan TMMD ini sudah berjalan dan telah ada beberapa rumah yang sudah direhab, oleh karena itu melalui APBD pada tahun 2020 yang bekerjasama dengan pemerintah kota Balikpapan, warga kelurahan manggar nantinya bisa merasakan kenyamanan layaknya rumah baru .

Sementara rumah yang akan direhab oleh satgas TMMD ini antara lain milik Ibu Dahlima, Nenek Mindong, Ibu Wadiaba, Tumpi, Mahmudi, Mardiyan, Iming, dan Ali Ashar.

Keberadaan prajurit Kodim 0905 Balikpapan ini selain merampungkan rumah yang telah dibongkar sejak Senin (16/3/2020) lalu, Juga dalam rangka menemani warga yang rumahnya akan dibongkar untuk direhab kembali, agar bisa tetap di rumah untuk menghindari merebaknya virus korona.

Tidak hanya itu prajurit TNI ini juga mendapatkan pantauan dari tim kesehatan Kodam VI Mulawarman dalam menjaga kesehatan setiap harinya.

Selain harus mengikuti cek kesehatan mulai dari suhu badan dan juga tensi, setiap melakukan aktivitasnya mereka pun juga selalu diawasi oleh tim kesehatan.

Kini TMMD dengan sasaran rehab RTLH (Rumah Tak Layak Huni) mendapat sambutan baik dari masyarakat setempat, terutama mereka yang hidup dalam kategori tidak mampu.

Rata-rata rumah yang direhab tersebut terbuat dari dinding kayu yang nyaris roboh dan beralaskan tanah.

Nantinya setelah direhab, setiap rumah minimal akan diganti dengan dinding tembok dan kayu serta lantai tanah ini juga diplester dengan semen, sehingga menjadi rumah yang layak huni dan sehat bagi penghuninya.

Dandim 0905 Balikpapan, Kol Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa memaparkan bahwa “TMMD Reguler ke-107 ini digelar sewaktu kondisi wilayah sedang dilanda merebaknya Covid-19.

Kami dan warga sudah terlanjur membongkar rumah tersebut dan sangat kasihan bila harus terhenti karena kasus COVID-19, Kami tak tega membiarkan mereka berada di rumah yang terbuka karena dinding yang sudah terbongkar, ujar Dandim.

Meski demikian, kami akan tetap jalankan prosedur dan tetap mengedepankan keselamatan dari penyebaran COVID-19, tegas Dandim.

Oleh karena itu, lanjut Dandim, saat melakukan aktivitas dilapangan tim medis kesehatan juga siap siaga serta memantau para prajurit TNI dan masyarakat jangan sampai hal yang tidak diinginkan akan terjadi, tutupnya.

Sementara itu Bapak Iming salah satu warga Manggar mengakui, bahwa dia merasa senang dan terhibur dengan kehadiran TNI dirumahnya yang bekerja serta memperbaiki rumah yang tidak layak huni.

“Adanya nprogram TMMD dengan bedah rumah ini , bagi kami dan warga setempat sangat membantu sekali, dan kami berharap agar bisa dilaksanakan terus,” pintanya.

Dikatakan pula bahwa, senang karena bisa menemani Pak Tentara bekerja, saya pun juga bisa membantu selama tidak bekerja di tempat pembuangan akhir (TPA), sehingga saya dan keluarga untuk bisa tetap dirumah dari mewabahnya virus korona, tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here