Disdikbud Gelar Festival Adat Paser di Bandara SAMS Sepinggan

0
507
foto. Dr. Surata Mpd

Penasatu.com, Balikpapan – Terminal Kedatangan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan selama sepekan, 22-28 Juni akan ada yang berbeda. Penumpang pesawat ataupun masyarakat umum Kota¬† Balikpapan akan dapat menyaksikan langsung Sejarah dan Kebudayaan Suku Paser Balek yang ada di Kota “Beriman.”

Melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan akan menggelar “Pekan Festival Adat Paser 2019” dengan tema “Dalam Rangka Membangun Peranserta dan Eksistensi Komunitas Suku Paser Balek di Balikpapan”?

Kepala Seksie (Kasie) Sejarah dan Tradisi Disdikbud Kota Balikpapan Dr Surata M Pd di ruang kerjanya, Selasa (11/5), menyebutkan, gelaran festival yang diadakan tersebut awalnya merupakan ide dari rekan-rekan penggiat sejarah baik itu penulis Buku Sejarah, juga para Penggiat Budaya yang ada di Balikpapan.

Kegiatan yang akan berlangsung nanti juga ada kaitannya saat dirinya mengikuti P4 angkatan Ke-20 di  Samarinda.

“Kegiatan festival Paser 2019 ini merupakan yang pertama kali digelar di Balikpapan, Ya.. mudah-mudahan dengan adanya festival ini komunitas Paser bisa bersinergi dengan suku-suku lain yang ada di Balikpapan dalam membangun Kota Balikpapan kedepan,” tutur pria berkumis ini. Surata juga mengharapkan dalam jangka menengah untuk kedepannya Komunitas Adat Paser dan adat-adat dari suku lain yang ada di Balikpapan bisa masuk dalam kurikulum muatan lokal untuk tingkat sekolah dasar bukan hanya adat istiadatnya tapi baik budaya dan bahasanya juga diharapkan bisa masuk dalam kurikulum muatan lokal.

Nantinya dalam festival tersebut akan ada Simposium Membangun Peranserta dan Eksistensi Komunitas Suku Paser Balek di Balikpapan dengan Narasumber Kadisdikbud Kota Balikpapan Muhaimin. MT,  Kabid. Kebudayaan Kab. Paser Supriani SE dan Tokoh Adat Paser DRS. Achmad Noor. 

Untuk kegiatan festival tersebut nantinya juga akan diisi berupa Tarian Paser, Prosesi Adat Budaya Kelahiran Suku Paser dan tarian lainya. Surata juga cukup mengapresiasi pihak Angkasa Pura I Balikpapan yang mau bekerjasama untuk menggelar Festival Adat Paser 2019.

Kegiatan tersebut juga akan ada stand pameran dan pemasaran,  baik berupa kuliner, kerajinan tangan, pameran foto dari Dekranasda, PKK Kota Balikpapan dan Kecamatan,  DPW Darma Wanita Disdikbud dan Rumah Budaya, Perindustrian, UMK dan Koperasi,  Bank BPD Kaltimtara, Kantor Perwakilan BI Balikpapan, PT. Telkom Region VI, Wicaksono Group Invesment (WGI), PT. Kideco Jaya Agung, Komunitas Paser, Disperkim, Komunitas Dayak Kaltim, Komunitas Cinta Sejarah, Komunitas Cinta Balikpapan, Komunitas Penulis Sejarah Kota Balikpapan (Forum PeTA), Komunitas OBAMA Balikpapan, Komunitas Bonsai Kelapa Borneo Balikpapan dll.*

Wartawan: Riel Bagas/Heriyanto

Editor: BS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here