Dirgahayu RI Ke-75 Kapolres Mabar Pimpin Upacara Ziarah dan Tabur Bunga

0
27

Penasatu.com-Labuan Bajo– Dalam rangka perayaan Dirgahayu Republik Indonesia ke 75, Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. memimpin jalannya Upacara Ziarah dan Tabur Bunga di Makam almarhum Drs. Wilfridus Fidelis Pranda.

Upacara dilaksanakan tepat pukul 09.30 Wita, Senin (17/8/2020). Hadir dalam kegiatan itu, Bupati Manggarai Barat Drs. Agustinus Ch. Dula, Wakil Bupati Manggarai Barat drh. Maria Geong, Ph.D, Forkompinda Kabupaten Manggarai Barat serta para pejabat utama Polres Manggarai Barat.

Pelaksanaan upacara tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Di masa pandemi Virus Corona, seluruh peserta dan undangan mengenakan masker serta menjaga jarak satu sama lain.

Adapun, upacara diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, kemudian dilanjutkan dengan penempatan karangan bunga oleh inspektur upacara dan dilanjutkan dengan tabur bunga ke Makam almarhum Drs. Wilfridus Fidelis Pranda.

AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. mengatakan, kegiatan Ziarah dan Tabur Bunga itu merupakan wujud penghargaan dan penghormatan segenap generasi penerus bangsa terhadap jasa-jasa para pahlawan yang telah berkorban harta, jiwa dan raga untuk merebut Kemerdekaan dari tangan penjajah.

“Ini (Peringatan Dirgahayu RI ke 75) memberikan edukasi kepada kita sebagai generasi penerus bangsa untuk selalu menghormati serta menghargai jasa dan pengorbanan yang telah dilakukan para pahlawan terlebih dahulu untuk menjaga dan mempersatukan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ujar AKBP Bambang ditemui usai ziarah di makam almarhum Drs.Wilfridus Fidelis Pranda.

Selanjutnya, pada kesempatan itu Kapolres Manggarai Barat juga berpesan agar sebagai generasi penerus bangsa, selalu mengingat serta menghargai jasa para pahlawan dan meneruskan perjuangan mereka dalam menjaga keutuhan dan kesatuan NKRI.

“Kalau kita sering mengatakan NKRI Harga Mati, nah dengan kegiatan inilah membawa semangat baru bahwa Dirgahayu Ri ke 75 ini kita jadikan momentum untuk menumbuhkan rasa patriot sebagai generasi penerus bangsa dalam rangka mempertahankan negara ini,” kata perwira dengan dua melati di pundak ini.

Lebih lanjut, AKBP Bambang mengimbau kepada seluruh warga masyarakat untuk ikut juga mendoakan para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

“Mari bersama-sama kita doakan para pahlawan, semoga mendapat tempat terbaik di sisiNya. Selanjutnya kita sebagai generasi penerus, wajib mengisi kemerdekaan dengan kegiatan positif,” jelasnya.

Penulis: Alfonsius Andi.

Editor : penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here