Desa Sidomukti Gelar Acara Gebyar Desa Sadar Gizi

0
10 views

penasatu.com, Lampung – Pemerintah Desa Sidomukti gelar Gebyar Desa Sadar Gizi. Kegiatan dalam upaya meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat desa Sidomukti untuk berperilaku sehat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup, serta upaya meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan produktivitas masyarakat dan mengurangi beban biaya kesehatan.

Acara digelar di kantor Desa Sidomukti, Kecamatan Tanjung Sari, Lampung Selatan yang di buka langsung Kepala Desa Sidomukti, Daryani, Senin (14/12/20).

Hadir Sekcam Tanjung Sari, Risman Kholani.S.SOS, KUPT Dinas Kesehatan, Bambang Kurniawan.SKM.MM dan Yayasan Pengembangan Sosial Katolik (YPSK) dan (LDA) Lembaga Dana Atmaja (Maryoto)
dan DANRAMIL yang di wakili oleh BABINSA desa Sidomukti (Koptu Davis As) dan tamu undangan.
Kegiatan ini juga merupakan gerakan bersama yang memiliki beberapa tujuan salah satu nya adalah, mengadakan lomba KWT dan POSYANDU antar dusun, di desa Sidomukti supaya ibu – ibu khusus nya desa Sidomukti bisa memanfaatkan lahan agar menambah penghasilan dan menghemat ekonomi keluarga, Ungkapnya.

Daryani juga memambahkan penilaian kelompok wanita tani (KWT) dari setiap dusun tentu nya semua sudah baik namun tentu nya setiap penilaian pasti ada yang lebih baik, Daryani berharap, bagi KWT yang sudah baik, bisa mempertahan yang sudah baik kalau bisa lebih di tingkat kan lagi, Daryani juga mengucapkan terimakasih kepada Yayasan Pengembangan Sosial Katolik (YPSK) dan Lembaga Dana Atmaja (LDA) yang sudah turut serta membantu jalan nya kegiatan, Ungkap nya.

Selain Gebyar Desa Sadar Gizi, yang di lakukan ibu KWT juga dapat mencegah terjadinya Stunting, Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak balita, akibat kekurangan gizi kronis terutama pada 1.000 hari pertama kehidupan dari bayi di dalam kandungan sampai usia 2 tahun. Sehingga, perkembangan anak pada usianya lambat. Kondisi kekurangan gizi sudah terjadi sejak bayi dalam kandungan dan pada masa awal setelah lahir.

Semtara, Bambang menyampaikan, Drajat kesehatan merupakan salah satu indikator terpenting dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM)
Terakhir Bambang berharap melalui kegiatan ini, dalam tahun tahun mendatang Sidomukti Khusus nya akan terbebas dari kasus stunting, sehingga Sidomukti terbebas dari stunting.

Laporan : Feriansyah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here