Dapat Hibah dari Kideco, Pemkab Paser Bangun Jalan di Tokare

0
115

Baru Kajang, penasatu.com- Penyerahan hibah Barang Milik Negara (BMN) oleh PT Kideco Jaya Agung (KJA) berupa sebagain tanah dari Perjanjian Kerjasama /Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B)seluas 1000M2 diterima Pemerintah Kabupaten Paser melalui Bupati Paser yang diwakili Sekertaris Daerah Kabupaten Paser, Drs.Katsul Wijaya, M.Si berlangsung di Kantor Kideco, Mine Site, Baru Kajang, kabupaten Paser, Selasa (9/7/2024).

Dijelaskan bahwa hibah tanah ini merupakan hasil dari permohonan Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan untuk membuatkan jalan baru bagi masyarakat Tokare pada bulan Agustus 2023 lalu.

 Pembangunan jalan baru yang dimaksud, berhimpitan dengan pagar mess karyawan PT. Kideco Jaya Agung. Permohonan ini dibuat karena, setiap turun hujan terlebih hujan dengan intensitas tinggi dan durasi panjang akan menyebabkan banjir, sehingga akses jalan sebelumnya tidak dapat dilewati dan hal ini membuat kurang lebih 70 Kepala Keluarga di Tokare menjadi terisolir.

Menanggapi permohonan tersebut, pihak PT. KJA pun memberikan respon yang baik dengan melepaskan sebagian tanahnya untuk dihibahkan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Paser.  Dan permohon tersebut sudah disetujui pula oleh Kementerian ESDM dan Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Menyambut hal baik ini, Katsul Wijaya melalui sambutan Bupati Paser menyampaikan rasa terima kasihnya atas perhatian dari PT. Kideco Jaya Agung sebagai mitra Pemerintah Daerah.

“Kepada manajemen PT. Kideco Jaya Agung saya ucapkan terima kasih atas kesediaannya memberikan sebagian lahan di mess karyawan untuk pembuatan akses jalan sepanjang 200 meter ke Tokare. Sehingga warga sebanyak 70 kepala keluarga yang bermukim di dekat bantaran Sungai Kandilo tidak lagi terisolasi pada musim hujan,” ucapnya.

“Ini menunjukkan niat baik dan tulus dari PT. Kideco Jaya Agung, yang memang selama ini selalu menunjukkan upaya yang cukup baik sebagai mitra Pemerintah Daerah dalam memperbaiki taraf hidup di masyarakat,” imbuh  Katsul Wijaya. 

Selain itu, Sekda Katsul juga memberikan selamat kepada masyarakat Tokare karena, dengan diberikannya hibah tanah ini saat musim hujan datang masyarakat Tokare tidak perlu khawatir akan terisolir kembali.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Paser, Saya ucapkan selamat, karena pertemuan kita tahun lalu, tepatnya pada tanggal 8 Maret 2023, akhirnya menemui titik terang pada hari ini. Masalah yang selama ini saudara alami, yaitu jalanan yang tidak bisa dilalui kendaraan jika hujan lebat, dan menyebabkan masyarakat terisolasi, ketika nanti pembangunan jalan sudah selesai, maka masalah yang ada sudah teratasi. 

Dijelaskan Sekda, setelah diserahkan kepada kita, diupayakan pembangunan jalan terlaksana dan selesai tahun ini juga, atau paling lambat tahun 2025, dengan panjang 200, lebar 5 meter.

Lanjut Katsul Wijaya, hal ini merupakan bukti bagi Pemerintah Daerah yang konsisten untuk mengurangi ketimpangan antar wilayah melalui peningkatan aksesibilitas infrastruktur yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.

Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan naskah hibah dan berita acara serah terima hibah barang milik negara dari PKP2B PT. Kideco Jaya Agung.

Hadir, Kepala Pusat Pengelolaan Barang Milik Negara Sumartono, Koordinator Penilaian, Pemindahtanganan dan Penghapusan BMN, Pusat Pengelolaan BMN Chaidir Yuzi Apriyadi,  Analis Kebijakan Ahli Muda Prisma Ajeng Primadona, Analis Barang Milik Negara Khairun Nisa, Astria Endito, Danies Perdana Kusuma, Pengelola Barang Milik Negara Muhammad Hanan AP, Penata Laksana Barang Chrisya Kirey Sibarani, Analis Pengelolaan Keuangan ABPN Sekretariat Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Muhammad Rizzannur Ubay bersama Analis Barang Milik Negara Miranti Rahmaniar,  sedangkan dari  Pemerintah Kabupaten Paser   hadir  pada kegiatan tersebut yaitu Seketaris Daerah Kabupaten Paser Drs. Katsul Wijaya, M.Si, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Adi Maulana, S.Sos, M.Si, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Nur Asni, S.E., M.M., Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Paser Hulaimi, S.Sos., M.Si., Camat Batu Sopang yang diwakili oleh Sekretaris Camat, Wijanarko, S.KM., M.PH., dan Kepala Desa Batu Kajang M. Kastalani. Acara juga dirangkaikan  dengan penyerahan cenderamata dari Pemerintah Kabupaten Paser kepada Kementerian ESDM.(*/ humas.paserkab.go.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here