Cegah Penyelewengan Anggaran Dana Desa, Bhabinkamtibmas Pantau Terus Realisasi Pekerjaan Penggunaan Dana DAU Tambahan

0
12 views

Penasatu.com, Mabar.NTT – Satu di antara bentuk peran aktif Bhabinkamtibmas dalam pembangunan Kelurahan/Desa binaannya adalah dengan cara mengawasi anggaran yang telah didistribusikan pemerintah untuk kemajuan Kelurahan/Desa.

Seperti Bripka I Gede Eka Putra Wirawan Bhabinkamtibmas Polsek Kuwus, Kelurahan Bantal, Kecamatan Kuwus, Kabupaten Manggarai Barat yang rutin melakukan pemantauan terhadap realisasi Dana DAU tambahan berupa Pembangunan jalan (Telford dan Lapen) di Dusun Satarara, Kelurahan Nantal.

“Ini adalah sebagai bentuk pencegahan terjadinya penyalahgunaan Dana DAU Tambahan. Kami melakukan pengecekan serta sosialisasi bersama Lurah dan perangkat Kelurahan, sehingga masyarakat dapat benar–benar mengetahui Dana DAU tambahan yang diberikan oleh pemerintah dapat terealisasi dengan tepat sasaran,” ungkap I Gede Eka Putra Wirawan, Senin (28/09/2020) pagi.

Dari kegiatan pembangunan jalan tersebut Pemerintah Kelurahan Nantal menggunakan sumber anggaran Dana DAU Tambahan Kelurahan T.A. 2020 sebesar 308.672.010 rupiah, terangnya.

Ia menambahkan, pengecekan dan monitoring Dana DAU Tambahan ini tidak selesai di sini, tapi akan dilakukan terus hingga semua terlaksana dengan lancar dan masyarakat merasakan hasilnya.

“Kami akan terus memonitor semua kegiatan yang bersumber dari Dana DAU Tambahan, dengan harapan anggaran ini benar–benar digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan dan pembangunan Kelurahan,” tegaa I Gede Eka Putra Wirawan.

Selain itu, I Gede Eka Putra Wirawan juga memberikan himbauan agar warga masyarakat selalu mematuhi Protokol Kesehatan dalam pencegahan penyebaran Pandemi Covid-19 dengan cara 4M.

“Selalu Menggunakan Masker apabila keluar rumah, Menjaga Jarak ketika berada di luar rumah, Menjauhi Kerumunan serta sebelum dan sesudah melakukan aktivita di luar rumah agar selalu Mencuci Tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir,” pintanya.

“Mari bersama–sama menyukseskan Pilkada Serentak Tahun 2020 yang sejuk aman dan damai tanpa ada perselisihan antara keluarga ataupun masyarakat lainnya dan kita boleh berbeda pendapat berbeda pilihan tapi tetap satu demi terciptanya suasana yang aman serta jangan mudah terprovokasi dengan isu–isu yang beredar yang belum tentu kebenarannya (HOAKS),” imbuhnya.

Sebagaimana yang dikatakan Kapolsek Kuwus Ipda Matheos A.D. Siok, dalam setiap arahannya selalu menuturkan agar anggotanya terus aktif untuk turun ke Kelurahan/Desa binaannya guna memantau dan mengawasi perkembangan proyek–proyek yang dibiayai dari Dana Kelurahan/Desa baik yang sedang di kerjakan maupun yang akan dikerjakan serta mensosialisasikan Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19 dan Pilkada Serentak 2020.

”Pantau dan awasi perkembangan proyek–proyek yang sedang maupun yang akan dikerjakan yang bersumber dari Anggaran Dana Kelurahan/Desa, hingga tidak terjadi penyimpangan dalam penggunaanya serta terus mensosialisasikan Protokol Kesehatan pencegahan Pandemi Covid-19 dengan cara 4M serta memberikan himbauan Pilkada Serentak 2020 demi mewujudkan Pilkada yang Netral, Jujur, Adil, Aman, Tertib dan Kondusif,” pungkas Kapolsek.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here