Balikpapan Punya Taman Baca dan Kampung Pustaka, Salah Satunya di Taman 3 Generasi Sepinggan

0
199 views

Wali kota Balikpapan Rizal Effendi di dampingi Muhaimin, MT Kadisdikbud Balikpapan saat meresmikan pembukaan Taman Baca dan Kampung Pustaka di Taman 3 Generasi Sepinggan, Balikpapan Selatan.

Penasatu.com, Balikpapan – Guna meningkatkan minat baca masyarakat maka Pemerintah kota Balikpapan menggalakkan gerakan Literasi di sekolah maupun di masyarakatnya dengan berbagai program salah satunya mendirikan Taman Baca dan Kampung Pustaka.

Program ini mendapat sambutan baik dari pihak swasta. Kali ini melaui program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) yang di inisiasi oleh Yayasan Inspirasi Anak Bangsa menyerahkan Taman Baca dan Kampung Pustaka kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, Kamis (8/10/2020).

Penyerahan berlangsung di Taman Tiga Generasi, Kelurahan Sepinggan, Kecamatan Balikpapan Selatan (Balsel). kegiatan dihadiri langsung Walikotall Balikpapan H M Rizal Effendi SE ldidampingi KepalaDinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Balikpapan Muhaimmin MT, serta perewakilan dari PT SMI, Yayasan Inpirasi Anak Bangsa beserta OPD terkait berlansung meriah.

Penyerahan taman baca sebagai upaya mendukung program pemerintah pusat dan daerah dalam bersinergi untuk percepatan peningkatan minat baca bagi masyarakat Indonesia.

“Atas nama Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, saya berterima kasih atas program CSR untuk pembuatan kampung pustaka dan taman baca dari PT SMI yang diinisiasi Yayasan Inspirasi Anak Bangsa,” ucap Rizal dalam sambutannya.

Sementar itu, Muhaimin menilai pemberian sebuah taman bacaan yang terbuat dari kontainer dikawasan Sepinggan khususnya di Taman Tiga Generasi merupakan program yang tepat, mengingat lokasinya yang cukup strategis.

Pasalnya dilokasi tersebut lengkap, terdapat Sekolah Lanjutan Tingakat Atas (SLTA) SMAN 5, ada SLTP yaitu SMPN 18 serta ada beberapa Sekolah Dasar (SD) yang lokasinya berada disekitarnya.

Tentunya ini sangat membantu Disdikbud, juga agar bisa dimanfaatkan untuk menambah pengetahuan anak-anak didik khususnya ditengah kondisi saat ini dimana masih adanya pandemi covid-19.

Kehadiran taman baca yang terbuat dari kontainer tentu menjadi wadah dalam menambah pengetahuan diluar membaca melalui internet, dan bisa memanfaatkan taman baca tersebut.

Ditempat yang sama Harmin Yusriadi selaku perwakilan Yayasan Inspirasi Anak Bangsa berharap dengan adanya program tersebut dapat meningkatkan kemandirian masyarakat, serta meningkatkan daya tarik membaca untuk anak-anak maupun lanjut usia (lansia).

Selain menyediakan taman bacaan, PT SMI juga telah menyediakan buku-buku bacaan.

Program yang dilaksanakan PT SMI merupakan salah satu cara untuk menjawab permasalahan yang berkaitan dengan minat baca masyarakat.

Karena program ini tidak hanya memberikan buku secara cuma-cuma, namun juga memberikan esensi dan manfaat dari membaca secara berkelanjutan.

PT SMI juga telah merenovasi Gedung Serbaguna yang berada dikawasan Gn.Saru Ulu menjadi tempat baca untuk masyarakat sekitar dan menempatkan pojok-pojok cafe disekitar kampung pustaka.*

Oleh : EDS

Editor : penasatu.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here