Arah Angin Belum Berubah, Meski KPU Balikpapan Masih Perpanjang Pendaftaran Paslon

0
41

Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha bersama Ketua KPU Kaltim Rudiansyah saat sosialisasi perpanjangan pendaftaran Paslon di Pilkada Balikpapan 2020.

PENASATU.COM, BALIKPAPAN – Arah angin politik belum berubah, meski pendaftaran diperpanjang oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan. Paslon yang sudah mendaftar baru Rahmad Mas’ud – Thohari Azis.

KPU Balikpapan melakukan sosialisasi perpanjangan pendaftaran bakal pasangan calon melalui jalur partai politik dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Balikpapan, 9 Desember 2020 mendatang.

Hadir dalam sosialisasi Ketua KPU Provinsi Rudiansyah, Ketua Bawaslu Balikpapan Ahmadi Azis, dan perwakilan seluruh partai politik peserta pemilu, di halaman Kantor KPU Balikpapan, Jln Jenderal Sudirman, Balikpapan Kota (Balkot), Kamis (10/9/2020) malam.

Sejak KPU membuka pendaftaran selama tiga hari, 4 hingga 6 September 2020, hanya satu bakal pasangan calon yang mendaftar, yakni pasangan Rahmad Mas’ud dan Thohari Aziz.

Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha menyampaikan, kegiatan malam ini merupakan tahapan sosialisasi yang dilakukan KPU terkait perpanjangan pendaftaran bakal pasangan calon.

“Pilkada yang akan dilaksanakan di Indonesia saat ini tengah mencari polanya, dimana KPU harus bisa melaksanakan pemilihan dalam kondisi apapun, termasuk di tengah kondisi pandemi saat ini,” ujar Noor Thoha.

Lanjut Thoha, perpanjangan pendaftaran wajib dilakukan KPU sesuai dengan PKUP Nomor 13 Tahun 2018 perubahan atas PKPU Nomor 14 Tahun 2015, yang mana KPU berkewajiban menunda tahapan dan memperpanjang pendaftaran bakal pasangan calon apabila terdapat satu pasangan calon.

Thoha juga mengoreksi dimana pemahaman KPU sebelumnya sejak dibuka pendaftaran 4-6 September, 7 hingga 9 September KPU melakukan sosialisasi, kemudian di tanggal 10 hingga 12 membuka pendaftaran kembali.

Ternyata instruksi dari KPU-RI tidak seperti itu, akan tetapi setalah KPU membuka pendaftaran ditanggal 4 hingga 6 September, maka di tanggal 7 KPU harus melakukan pleno, 8 hingga 10 September melakukan sosialisasi, kemudian di tanggal 11 hingga 13 September itulah masa pendaftarannya.*

Wartawan : Riel Bagas
Editor : Penasatu.com/HTBS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here