Aneh Tapi Nyata, Pohon Pisang Milik Getrudis Emi Berbuah di Tengah Batangnya, Ini Penjelasannya

0
445 views

Manggarai, penasatu.com-Aneh tapi nyata, ditemukan Pohon pisang unik tumbuh di pekarangan belakang rumah warga Kelurahan Wangkung, Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT). Keanehan terjadi lantaran buah pisang ini berbuah di batang pohonnya. Pantauan media Penasatu.com di lokasi, pohon pisang itu tumbuh di pekarangan milik Ibu Getrudis Emi, Rabu, (17/3).

Lazimnya pohon pisang tumbuh pada umumnya apabila berbuah selalu pada bagian ujung atasnya. Namun pohon pisang Ibu Getrudis Emy justru berbuah pada tengah batangnya.

Pohon pisang yang memiliki tinggi sekitar 2, 5 meter inipun punya keunikan yang buat kaget warga sekitarnya.

Pemilik pekarangan pohon pisang Getrudis Emi mengaku tidak menyadari jika pohon pisang yang tumbuh di pekarangan miliknya tersebut cukup unik. Dia mengaku baru mengetahui minggu lalu.

“Saya merasa kaget saat pertama kali melihat pohon pisang ini. Ko ada yang aneh seperti ini (buah pisang tumbuh di batangnya). kemungkinan berusia 3 bulan. Tidak seperti pohon pisang yang lainnya,” kata Emi saat ditemui wartawan di kediamannya, Rabu (17/3/2021).

Emi mengatakan pohon pisang itu berbuah sekitar 3 bulan. Menurutnya buah pisang yang tumbuh dari tengah batang baru terjadi di kebun miliknya.

“Ini kemungkinan baru tiga bulan berbuahnya. Belum pernah ada yang unik seperti ini. Kalau jenis ini pohon pisang susu,” terangnya.

Emi mengatakan kebunnya memang ditanami tanaman pisang. Namun keunikan ini baru dia temukan kali ini.

“Semua tanami pisang susu.saya tidak menyangka ada yang unik, yang lain tumbuhnya normal. Kemungkinan buahnya suda hampir satu bulan. Beda ini tidak wajar. Tidak pernah (berbuah di batang) ini memang alam,” ujar Emi.

Pisang yang berbuah di batang itu pun memantik warga sekitar datang menengok pohon tersebut. Salah satunya, Beni yang mengaku penasaran dengan pisang yang berbuah dari tengah batang tersebut.

“Pisang ternyata bisa berbuah di tengah batang, terus ke sini.sangat unik, baru kali ini. Biasanya kan dipotong itu tumbuh buah di ujung pohon, tapi ini unik dan nyata. Saya baru melihatnya,” kata Beni saat ditemui di lokasi siang tadi.

Sedangkan,saat dikonfirmasi Kabid Tanaman Pangan dan Perkebunan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Manggarai melalui via telpon, untuk mengklarifikasi terkait fenomena ini,akan tetapi nomornya sedang berada diluar jangkuan.

Wartawan : Dion Damba

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here