Al-Jam’iyatul Washliyah Sergai Gelar Musda ke IV

0
15 views

Sergai, Penasatu.com – Pimpinan Daerah  Al-Jam’iyatul Washliyah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) dijadwalkan akan menggelar Musyawarah Daerah (Musda) IV hari ini, Minggu (6/6/2021) di perguruan Al-Jam’iyatul Washliyah, Desa Nagur Kecamatan Tanjung Beringin.

Hal tersebut disampaikan Plt. Ketua PD Al-Jam’iyatul Washliyah Kabupaten Sergai, Drs H Juarno kepada sejumlah awak media, Sabtu (5/6/2021) di lokasi Musda IV.

Juarno menjelaskan, bahwa gelaran Musda kali ini berbeda dengan Musda-musda sebelumnya. Dikatakannya, Musda kali ini para peserta atau pemilik suara tidak lagi memilih ketua PD secara langsung, melainkan hanya memilih formatur.

Hal ini, sesuai dengan aturan AD/ART Al-Jam’iyatul Washliyah hasil Muktamar XXII yang dilaksanakan beberapa bulan lalu.

“Musda kali ini para peserta tidak lagi memilih ketua langsung, tetapi hanya memilih formatur, sesuai AD/ART hasil Muktamar XXII yang lalu,” beber Juarno.

Ketua akan dipilih, setelah formatur terpilih melalui Musda, dan saat itu baru mereka bersidang kembali untuk memilih ketua dan menyusun kepengurusan PD (Al-Jam’iyatul Washliyah)

Dia menambahkan, bahwa komposisi formatur terdiri dari 5 orang, yakni PW (1), PD (1), PC (2) dan organ bagian (1).

“Untuk formatur yang berasal dari PW dan PD bersifat otomatis atau tidak dipilih oleh peserta Musda. Peserta Musda hanya akan memilih formatur yang berasal dari PC dan organ bagian,” tandasnya.

Di tempat yang sama, ketua panitia Musda IV Al-Jam’iyatul Washliyah Sergai, Abdul Firman Kursin menyampaikan, bahwa Musda akan diikuti oleh 23 pemilik suara yang berasal dari PW, PD, PC dan organ bagian.

Untuk perhelatan Musda IV, Firman mengatakan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan PW maupun pihak Kepolisian.

Dikarenakan pandemi Covid-19 jelas Firman, pihaknya mewajibkan seluruh peserta memakai masker dan mematuhi protokoler kesehatan (Prokes) selama mengikuti Musda.

“Karena aturan Prokes dan setelah mendengarkan saran dari pihak keamanan, kami membatasi peserta yang bisa mengikuti Musda. Kami hanya mengundang satu orang dari masing-masing PC maupun organ bagian,” jelas mantan Ketua Komisariat HIMMAH UMN Medan itu.

Hal tersebut tambahnya, tidak melanggar aturan-aturan yang ada. Sebab katanya, PC dan organ bagian hanya memiliki hak 1 suara dalam Musda sesuai AD/ART Al-Jam’iyatul Washliyah.

Musda IV Al-Jam’iyatul Washliyah Sergai akan dihadiri dan dibuka langsung oleh Ketua PW Al-Jam’iyatul Washliyah Sumut, Dr H Dedi Iskandar Batubara.

Musda IV akan memilih 5 orang formatur dan diikuti oleh 23 pemilik suara, yakni PW (1), PD (1), PC (14) dan organ bagian (7).
(Ari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here