Usulkan 10 Program Prioritas, Musrembang Kelurahaan Sungainangka Dihadiri Camat Balsel dan Anggota DPRD

0
80 views

Balikpapan, penasatu.com – Camat Balikpapan Selatan, Heruresandy Setia Kesuma,S.STP didampingi Lurah Sungainangka Sabrang, S.Sosmembuka kegiatan Rapat Koordinasi Musyawatah Perencanaan dan pembangunan (Rakor Musrembang) kelurahan Sungainangka, Kamis (13/1/22) di Aula Kantor Kelurahan Sungainangka, Jalan Masrma Iswahyudi Balikpapan Selatan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, anggota DPRD kota Balikpapan, Parlindungan, SE dan Pantum Gultom, perwakilan LPM Sungainangka, Ketua RT se Kelurahan Sungainangka, tokoh masyarakat, pengurus PKK, Kopaja, PSM dan undangan.

Dalam arahannya Camat Balikpapan Selatan mengatakan, sangat bangga dengan apa yang ada di kelurahan sungainangka. Baik dari prestasi dan kekompakan para Ketua RT bersama masyarakat dalam memajukan kelurahan Sungainangka.

Untuk itu, lanjut Herurisandi sangat berharap apa yang sudah baik ini terus dipertahankan. Dan tentunya saya sebagai Camat Balikpapan Selatan ikut bangga. “Dan harapannya untuk kegiatan kegiatan seperti jangan hanya infrastruktur tapi SDM juga perlu, ujarnya.

Dalam Rakor Musrembang kali ini marilah kita sepakati apa yang menjadi prioritas dari yang paling dibutuhkan untuk kemajuan dan kesejahteraan warga masyarakat kita, tutupnya.

Sementara Lurah Sungainangka dalam laporannya menguraikan 10 usulan kegiatan skala prioritas yang akan di masukkan kelurahan sungainangka dalam Musrembang tingkat kecamatan Balikpapan Selatan Tahun 2022 untuk kemudian ditetapkan sebagai kegiatan prioritas kecamatan Balikpapan Selatan pada Musrembang kota Balikpapan. Adapun kesepuluh usulan berupa.

  1. Peningkatan Gedung Kelurahan Sungainangka
  2. Peningkatan Drainase RT 15
  3. Peningakatan Drainase pasar sore RT 22
  4. Peningkatan drainase depan makam BDS RT 24
  5. Jalan Utama BDS
  6. Peningkatan drainase RT 30
  7. Pembuatan Siring di RT 06
  8. 4RrBendali BDS II
  9. Peningkatan Pos Kamling RT 17
  10. Drainase Rt 07 menuju RT 01

Dari usulan tersebut diatas, ujar Sanrang kenapa Gedung Kantor Kelurahaan juga menjadi prioritas. Ini disebabkan minimnya ruangan yang ada di Kantor kelurahan Sungainangka. Sehingga mengakibatkan para mitra kelurahan tidak dapat secara maksimal dalam melayani masyarakat.

“Misalnya LPM, PSM dan mitra yang lainnya tidak bisa melayani secara maksimal keluhan warga masyarakat ataupun kegiatan kegiatan lain dikarenakan tidak mempunyai ruangan,” jelas Sanrang.

Senada diutarakan Parlindungan, anggota DPR dari partai NasDem yang juga ketua LPM kelurahan Sungainangka terpilih masa bakti 2022-2025 pun mengeluhkan akan ketidaktersediaan ruangan bagi mitra mitra Kelurahaan. ” Terus terang saya iri dengan kelurahan yang lain,” terang Parlin.

Karena tidak adanya ruangan untuk Sekretariat, LPM harus mencari tempat atau meminjam ruangan ditempat lain untuk mengadakan kegiatan rutinitas pengurus sehari hari begitu juga dengan mitra yang lain.

Dan diri nya juga mengusulkan untuk penambahan anggaran SPGRM, karena banyak persoalan dalam pelaksanaan pengerjaan yang terbengkalai, terutama bagi wilayah yang ada di perumahaan.

Sedangkan Pantum Gultom anggota DPRD kota Balikpapan yang juga turut hadir mengatakan, memang sebaiknya SPGRM itu tidak melulu anggarannya untuk material, tapi juga jasa proses pengerjaan nya menjadi perhatian.

“Untuk itu saya sependapat dengan apa yang diusulkan pak Parlin,” ujar Gultom.

Ini sangat bermanfaat untuk swakelola warga, karena banyak warga yang “tidak bekerja” bisa menerima manfaat, imbuhnya.

“Tidak bekerja di sini artinya, bisa saja terkena PHK dan lain sebagainya, tentunya bisa bermanfaat bagi mereka, ungkapnya.

Jadi, saya berharap pak Lurah dan Pak Camat untuk mengusulkan ini dan tentunya usulan ini akan menjadi argumentasi kami pada dinas dinas terkait, tutupnya.(EDS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here