Korem 092/ Maha Rajalilla Kaltara Siap di Bangun Tahun 2020, Gunakan Lahan 2,7 Hektar

0
565

Penasatu.com, Tanjung Selor – Kodam VI/Mlw akan segera membangun Makorem baru di wilayah Kaltara. Terkait hal ini, Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto meninjau langsung lokasi yang akan menjadi markas satuan Korem Kaltara yaitu di areal tenis Indoor dan gedung Eks dinas pertambangan Tanjung Selor Hulu, Kec. Tanjung Selor, Kab. Bulungan, Kamis (19/9/2019).

Pada peninjauan rencana lokasi Korem baru tersebut Pangdam beserta rombongan pejabat Kodam VI/Mlw meliputi, Asintel Kasdam VI/Mlw, Asops Kasdam VI/Mlw, Asrendam VI/Mlw, Kazidam VI/Mlw dan pejabat Kodam VI/Mlw lainnya disambut oleh Kapolda Kaltara, Sekprov Kaltara, Bupati Bulungan, Dandim 0903/Tsr. dan Unsur Forkopimda lainnya.

Dalam pengarahannya Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto menyampaikan, mengenai rencana pembangunan Korem Kaltara telah ada keputusan dan ditandatangani oleh Presiden RI. Dan kedepan Korem ini akan ditempati 300 personel yang berasal dari Kodam VI/Mlw.

Rencana pembangunan Korem Kaltara akan dimulai pada tahun 2020. Dengan luas lahan 2,7 hektar dan luas bangunan 2.100 M2 yang akan dibangun meliputi 3 lantai. Sesuai dengan besaran program kerja dan anggaran dari Mabes TNI, maka pembangunan akan dilakukan bertahap, termasuk perumahan anggota nantinya.

Disamping itu, Korem Kaltara ini nantinya akan direncanakan memiliki nama Korem 092/Maharajalilla, nama ini diambil berlatar juga dari kearifan lokal yang merupakan nama raja yang memiliki sejarah baik di masa lampau. Dan nama Korem 092/Maharajalilla sedang dalam proses pengajuan kepada Komando Atas.”Pungkas Mayjen TNI Subiyanto.

Ditempat terpisah Kapendam VI/Mlw Kolonel Kav Dino Martino, S.I.P menyampaikan, berdasarkan hasil peninjauan di lapangan dan berbagai pertimbangan kondisi lokasi gedung yang memiliki cukup ruang dapat dijadikan ruang staf, Kamar mandi yang layak, lahan parkir yang luas. Sesuai hasil peninjauan tersebut Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto telah memutuskan bahwa Gedung Tenis Indoor Pemkab Bulungan menjadi pilihan utama untuk markas Korem Kaltara.

Kemudian dengan pertimbangan bahwa wilayah Kaltara ada di beranda depan Negara dan berbatasan langsung dengan negara tetangga maka pembangunan Korem Kaltara yang akan dipimpin oleh jenderal bintang satu ini nantinya, akan semakin dapat memperkuat wilayah teritorial dan pertahanan Negara khususnya wilayah teritorial Kodam VI/Mlw “Jelas Kolonel Kav Dino Martino.*
Sumber: Pendam VI/Mulawarman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here