Polres Kubar : Operasi Zebra di Tengah Covid-19, Polantas Juga Sosialisakan Lewat Media

0
429

Kapolres Kubar AKBP Irawan Yuli Prasetyo.
Reporter : Ichal Penasatu

Penasatu.com,Kutai Barat – Terhitung sejak 26 Oktober hingga 8 Nopember 2020 mendatang, yaitu selama 14 hari kedepan, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kabupaten Kutai Barat (Kubar) telah menggelar Operasi Zebra Mahakam(OZM) 2020. Kegiatan tersebut guna mengantisipasi keselamatan bagi pengendara serta penerapan protokol Kesehatan dimasa pendemi.

Kasat Lantas Polres Kubar Iptu Alimuddin

Kapolres Kutai Barat AKBP Irawan Yuli Prasetyo mengatakan, dalam Operasi Zebra Mahakam ini, sasaran utama kepada pelanggaran-pelanggaran lalu lintas. Kita melihat lakalantas di Kutai Barat juga sangat tinggi, dan nanti kami akan melihat potensi kerawanan, dan kita juga akan mencoba memecahkan masalah itu.untuk itu saya akan memanggil Kasat Lantas,” ujarnya saat ditemui awak media seusai acara pelepasan Kapolrea, Senin (26/10) lalu.

Sementara, Kasat Lantas Polres Kubar Iptu Alimuddin menyebutkan, dengan konsep persuasive yang sifatnya humanis dalam sosialisasi atau himbauan,. kemudian untuk preventif yakni pada penegakan hukum tilang.

Jadi tujuan dari Operasi Zebra Mahakam 2020 ini adalah untuk memberikan kesadaran dalam berlalu lintas guna mencegah terjadinya lakalantas (fatalitas) kecelakaan. Karena salah satu penyebab terjadinya lakalantas yaitu berawal dari pelanggaran atau ugal – ugalan dijalan raya,” terang Alimuddin saat ditemui diruang kerjanya, Jumat (30/10).

Untuk sasaran utama kita yakni, bagi pengendara yang masih dibawah umur (anak-anak), kemudian pengendara yang melawan arus, tidak menggunakan helm, berboncengan lebih dari dua orang serta bagi pengendara yang tidak memiliki SIM, dan STNK, imbuhnya.

Target kegiatan operasi zebra Mahakam tahun 2020 ini, lanjut Alimudin, adalah upaya persuasif 40 persen dan preventifnya 40 persen dan sisanya 20 persen untuk upaya penindakan.

Karena masih mewabahnya virus corona covid-19, maka kegiatan sosialisasi dilakukan melalui media sosial, spanduk, media cetak dan online. Sehingga masyarakat mengetahui adanya kegiatan operasi zebra Mahakam yang digelar oleh Satlantas Polres Kubar, tutup Kasat Lantas Polres Kubar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here