KPU Balikpapan Lakukan Sosling untuk Tingkatkan Pemilih

0
4 views

Kegiatan Sosling KPU kota Balikpapan

PENASATU.COM, BALIKPAPAN
Tingkatkan partisipasi pemilih di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) yang akan berlangsung 9 Desember 2020 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan Sosialisasi Keliling (Sosling), Jum’at (30/10/2020).

Sosling kali ini dipusatkan di Jln MT Haryono, simpang lampu merah Balikpapan Baru, Balikpapan Selatan (Balsel), kemudian berlanjut ke Taman Tiga Generasi yang berada di Jln Ruhui Rahayu.

Nampak hadir Komisioner KPU Bidang Divisi Perencanaan & Informasi Yan Fauzi Wardana dan Sekretaris KPU Syabrani atau karib disapa Alex.

“Sosling yang dilaksanakan KPU bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam pilkada di bulan Desember mendatang,” jelas Yan Fauzi.

KPU sudah melakukan sosling di tiga Kecamatan, dan untuk hari ini di Kecamatan yang ke empat di Balsel dengan tujuan agar masyarakat makin mengetahui dan mengerti jika di anggal 9 Desember nanti, Balikpapan akan melakukan pemilihan Wali Kota dan Wakil Walikota.

Lanjut Yan Fauzi, tujuan yang paling utama dilakukan KPU yakni untuk mengingatkan masyarakat agar dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik, jangan sampai tidak datang ke tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk melakukan pemilihan.

Dalam pilkada serentak kali ini, persentase partispasi pemilih, KPU sendiri ditargetkan oleh KPU-RI sebesar 77 persen.

“Secara Nasional kami (KPU.red) ditargetkan 77,5 persen untuk tingkat partisipasi pemilih dipilkada serentak kali ini, namun kita belum mengetahui apakah target tersebut akan tercapai atau tidak, lihat nanti realitanya seperti apa,” ujar dia.

“Sejauh ini KPU terus berupaya melakukan sosialisasi kemasyarakat untuk menggunakan hak pilihnya di 9 Desember mendatang.”

Yan Fauzi juga menegaskan, dalam sosling kali ini sekaligus bertujuan untuk mengecek data masyarakat, apakah sudah terdaftar di aplikasi Lindungihakpilihmu.kpu.go.id tersebut.

Faktanya di lapangan ternyata hampir 100 persen masyarakat yang dilakukan cek data, mereka semua sudah terdaftar dan memiliki hak pilih.

Sementara itu Totok Rudiyono, salah satu warga Balikpapan yang berprofesi sebagai Ojek Online (Ojol) sangat mendukung sosling yang dilakukan KPU.

Dirinya sangat berharap dengan adanya sosialisasi yang dilakukan KPU tingkat partisipasi masyarakat untuk memilih menjadi banyak, sehingga dapat mengurangi angka Golput di kota ini pada Pilkada Desember mendatang.*

Wartawan : Riel Bagas
Editor : Penasatu.com/HTBS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here