25 Orang Ikuti Pelatihan URC/SAR Di Markas TNI AU Kubar.

0
421
Para peserta foto bersama Panitia

Penasatu.com, Kutai Barat – Kepala Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik(Kesbangpol) Kabupaten Kutai Barat Suwito,STP. Membuka pelatihan lanjutan Unit Reaksi Cepat (URC) Search And Rescue(SAR) Tahun 2019. Kegiatan berlangsung di markas TNI AU Kutai Barat, Jln.Sendawar Raya Kampung Karang Rejo Kecamatan Barong Tongkok. Selasa 24/9/2019.

Hadir Sekretaris Kesbangpol Ishak Pongsama, Camat Melak H.M.Jafar, Kepala perwakilan TNI AU wilayah kutai barat Kapten TEK Hartato.

“Ketua Panitia pelatihan lanjutan unit reaksi cepat(URS), search and rescue(SAR) Drs. JT Lavao, M.Si dalam laporan tertulisnya mengatakan, kegiatan URC dan SAR adalah meliputi usaha dalam kegiatan mencari, menolong dan menyelamatkan jiwa manusia yang hilang dalam musibah pelayaran, penerbangan atau bencana dan musibah lainnya.

Untuk itu, Lanjutnya, menghadapi semakin tingginya kejadian bencana yang dapat menimbulkan korban jiwa dan kerugian materi bagi kehidupan dan penghidupan masyarakat di Kabupaten Kutai Barat(Kubar) khususnya. Maka perlu di lakukan upaya dan tindakan evaluasi secara cepat, tepat dan terpadu, imbuh JT.Lavau.

“Sehubungan dengan hal tersebut, maka di pandang perlu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota URC/SAR sehingga mampu megevakuasi dan memberikan pertolongan kepada korban yang mengalami musibah,” jelasnya.

“Masih kata Lavao, menambahkan, dasar hukum, keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 1972 tentang Badan SAR Indonesia, peraturan Pemerintah RI Nomor 36 Tahun 2006 tentang pencatian fan pertolongan DPA – OPD Badan Kesatuan Bangsa dan Politik(Kesbangpol) tahun anggaran 2019.

“Maksud dan tujuan pelaksanaan pelatihan bagi anggota URC/SAR adalah untuk memberikan pembekalan, pengetahuan lanjutan dan ketrampilan bagi anggota URC/SAR sehingga mampu mengevaluasi melalui pencarian dan pertolongan kepada korban yang mengalami musibah.” tegas Lavao.

Metode pendidikan dan pelatihan di antaranya yaitu, teknik pertolongan di darat, kemudian teknik evakuasi korban, teknik evakuasi kotban di air. Serta pelatihan URC/SAR tahun 2019 berjumlah 25 orang betbagai OPD di lingkungan Pemkab Kubar dan beberapa dari masyarakat umum, tutur ketua panitia.

” Ditambahkan nya, pembiayaan pelatihan URC/SAR tahun 2019 di bebankan pada anggaran DPA-OPD Kesbangpol tahun 2019 di Bidang Ketahanan Sosial dan Ekonomi.

Lama nya pelaksanaan pelatihan kegiatan pelatihan lanjutan URC/SAR tahun 2019 di laksanakan selama 3 hari yaitu dari tanggal 23 – 25 September 2019,yang di ikuti dari Kesbangpol Kubar 13 orang, Setkab Bagian Pemerintahan 1 orang, Kecamattan Barong Tongkok 1 orang, Pemadam 1 orang, Kecamatan Melak 1 orang, Kantor PU 1 orang, Tagana 2 orang, BPBD 2 orang, Pramuka 2 orang dan tenaga medis 1 orang. “tutupnya Lavao.*

Wartawan: Ichal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here