100 Anak Yatim Hadiri Buka Puasa Bersama Pangdam VI Mulawarman

0
209
Pangdam, Mayjen TNI. Subiyanto saat berbincang dengan salah satu anak di acara buka puasa bersama Kodam VI Mulawarman

Penasatu.com, Balikpapan – Menyambut Ramadhan 1440 H Kodam VI Mulawarman mengundang  Anak Yatim Piatu dalam acara buka puasa bersama di Lamin Kediaman Pangdam VI/Mlw Jl Jend Sudirman, Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (7/5/2019).

Irama Marawis Anggota Yonzipur 17/AD sebagai pembuka dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh Ustadz Ahmad Mujahidin.

Ketua Persit, Wiwid Subiyanto saat memberikan santunan kepada anak anak yatim saat selesai acara buka puasa bersama

Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto pada sambutannya, menyampaikan, bahwa kegiatan Buka Puasa Bersama di bulan Ramadhan merupakan momen yang dibangun dengan tujuan untuk semakin mempererat silaturahmi sekaligus memperkuat ikatan persaudaraan sesama muslim dalam suasana kekeluargaan.

Berkaitan dengan momentum Ramadhan yang penuh berkah ini, Kodam VI/Mlw sengaja mengundang anak-anak Yatim Piatu dari berberapa panti asuhan di Balikpapan, sebagai wujud kepedulian dan kebersamaan serta kasih sayang kepada anak-anak Yatim Piatu, Kata Mayjen TNI Subiyanto

“Oleh karena itu, semoga dengan momen buka puasa bersama ini, semakin menguatkan amal ibadah puasa Ramadhan dan dapat meningkatkan keimanan maupun ketaqwaan serta selalu mendapat rahmat dari Allah SWT,” Harap Mayjen TNI Subiyanto.

Dilanjutkan Ustadz Agus Khoirul Huda, Lc, menyampaikan tausiahnya. Dikatakannya bahwa umat muslim patut bersyukur dan berterimakasih pada Allah SWT karena masih bisa menjumpai ibadah puasa Ramadhan. Karena bulan Ramdhan adalah bulan yang spesial, hanya dibulan Ramadhan ada malam lailatul qadar, bulan Ramadhan juga menyertai peristiwa penting seperti peristiwa perang badar ataupun kemerdekaan RI tanggal 17 agustus 1945.

“Ibadah puasa Ramadhan adalah suatu ibadah yang menunjukan kredibilitas diri pada Allah SWT, sehingga melalui momentum Ramadhan ini merupakan saat yang tepat untuk berubah menjadi lebih baik lagi,” Tutur Ustadz Agus.

Diakhir tausiahnya Ustadz Agus mengutip apa yang disampaikan oleh Imam Al Ghazali bahwa ada lima hal yang harus ditanamkan saat menunaikan ibadah puasa. “Yaitu, menjaga pandangan mata dari pandangan yang tidak semestinya, menjaga lisan dan mulut, menjaga telinga dengan mendengar yang bermanfaat, menjaga anggota tubuh lainnya dengan kegiatan yang baik dan terakhir menjaga hati, Pungkas Ustadz Agus.

Buka puasa dilaksanakan setelah terdengar kumandang adzan magrib kemudian dilanjutkan sholat magrib berjamaah. Usai Sholat Isya dan Tarawih berjamaah, Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto didampingi pejabat Kodam VI/Mlw lainnya, memberikan santunan kepada sekira 100 anak Yatim Piatu yang hadir saat itu sekaligus menutup seluruh rangkaian acara buka puasa bersama.

Acara buka puasa bersama juga dimeriahkan lantunan lagu-lagu religi Grup Nasyid Vikma dari Ajendam VI/Mlw.*

Oleh : Sigit

Editor : pena1

Sumber :Pendam VI/Mulawarman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here