Warga Balikpapan Harus Tahu Adat Suku Paser Balik

0
532
Muhaimin .MT Kadisdikbud Kota Balikpapan

Penasatu.com, Balikpapan – Warga Kota Balikpapan baik penduduk pribumi ataupun pendatang, harus tahu dan paham akan adat budaya Suku Paser Balik yang merupakan penduduk asli kota ini. Untuk itu semua, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan akan menggelar Festival Adat Paser 2019.

Dr,Surata M.Pd bersama para Tokoh Paser

Festival ini akan dilaksanakan di Lantai 1 Terminal Kedatangan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan pada 22-28 Juni mendatang.
Ini merupakan festival adat Paser yang pertama kali digelar oleh Disdikbud Kota Balikpapan.

Menurut Kadisdikbud Kota Balikpapan Muhaimin MT di ruang kerjanya, Kamis (13/6),
acara festival adat Paser merupakan rangkaian kegiatan Diklat P4 dari Kasi Sejarah dan Tradisi Disdikbud Kota Balikpapan Dr. Surata M. Pd di LAN Samarinda, dimana dalam kegiatan tersebut harus membuat suatu karya tulis sesuai bidang kerjanya, makanya Surata mengangkat tema yang selama ini banyak didengungkan oleh masyarakat tentang Suku Paser Balik yang merupakan Suku Asli Balikpapan, akan tetapi tidak tahu dengan histori atau sejarahnya.

Dikatakan Muhaimin, Disdikbud sangat mendukung festival ini dan diharapkan dengan adanya kegiatan tersebut dengan mengundang tokoh-tokoh adat paser yang ada sehingga dapat memberikan pengetahuan kepada generasi muda terutama para pelajar mengenai cikal bakal Balikpapan serta keberadaan Suku Paser, sampai menjadi Kota Balikpapan, kedepan juga diharapkan para pelajar dapat mengenal sejarah dan adat istiadat Suku Paser nantinya.*

Wartawan: Riel Bagas/Heriyanto
Editor: BS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here