Wali Kota Dumai Terima Kunjungan Tim Ahli LHK RI

0
14 views

Dumai, penasatu.com – Wali Kota Dumai, H.Paisal Amris menerima kunjungan Tenaga Ahli Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (LHK-RI), Afni beserta rombongan, Rabu (32/3/21) di Rumah Dinas Walikota, Jl.Putri Tujuh, kota Dumai.

Kunjungan ini dalam rangka melakukan peninjauan terhadap segala potensi kota Dumai yang berkaitan dengan Program Kementerian LHK RI. Harapannya dengan kunjungan ini, akan terjalin kerjasama dengan Pemko Dumai.

Pertemuan dilanjutkan dengan peninjauan ke lapangan di beberapa lokasi, seperti ke Lahan Poktan Mekar Sejati dan Poktan Bukit Mekar di Kecamatan Dumai Selatan, sekaligus ke Bandar Bakau di Jalan Nelayan Laut.

Dengan melihat potensi ketiga lokasi ini, Tenaga Ahli Kementrian LHK RI, Afni mendukung lahan-lahan kelompok masyarakat tersebut agar dimasukan ke dalam program kampung iklim (Proklim) KLHK.

Program Kampung Iklim adalah program nasional yang dikelola oleh Kementerian LHK dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca (GRK)

Serta memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Terkait dengan Proklim, H Paisal langsung mengintruksikan Camat beserta Lurah wilayah setempat agar mendampingi para pengurus lahan untuk segera menginventarisir lokasi-lokasi yang layak Proklim, kemudian melakukan pendaftaran Proklim agar segera ditindaklanjuti dan disurvei oleh Tim Teknis KLHK.

H.Paisal berharap program kampung iklim segera dapat diaplikasikan di beberapa wilayah di Kota Dumai. Sehingga Dumai juga dapat berkontribusi dalam menjaga lingkungan, pengendalian perubahan iklim dan penurunan emisi global, ujar Walikota.

“Semoga program ini segera terealisasi, Insya Allah juga dapat semakin meningkatkan kesejahteraan dan ketahanan masyarakat,” pungkasnya.

Masih berkaitan dengan potensi Dumai di bidang lingkungan hidup, pada kesempatan ini juga dilakukan peninjauan ke Taman Wisata Alam (TWA) Hutan Wisata Sungai Dumai bersama Tim Ahli. Dengan tinjauan ini, rencananya akan dilakukan pengembangan aktivitas wisata di TWA tersebut. Namun, pada pelaksanannya akan dilakukan kajian lebih lanjut serta disesuaikan dengan aturan dan mekanisme yang berlaku.

Turut mendampingi Wali Kota dalam peninjauan ini Kapolres Kota Dumai, Kepala Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kota Dumai, Kabag Pemerintahan, Kabid Tata Ruang Dinas PUPR Kota Dumai, dan Camat beserta Lurah setempat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here