Wakapolres MaBaR Hadiri Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional Ke-75

0
9 views

Reporter : Alfonsius Andi.

Penasatu.com-Manggarai Barat.NTT– Wakapolres Manggarai Barat Kompol Sukanda menghadiri Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional Ke 75 Tahun 2020 tingkat Kabupaten Manggarai Barat.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Bupati Manggarai Barat Drs. Agustinus Ch. Dula dan selaku Komandan Upacara Kapten Infantri I Nyoman Sukada.

Peringatan Hari Pahlawan Nasional Ke 75 Tahun 2020 ini mengangkat Tema “Pahlawanku Sepanjang Masa”.

Peringatan Hari Pahlawan Nasional Ke 75 yang diperingati setiap tanggal 10 November, pada tahun ini di laksanakan pada tanggal 17 November yang bertepatan dengan upacara apel kesadaran bagi ASN Manggarai Barat yang digelar setiap tanggal 17 dalam setiap bulan, Selasa (17/11/2020) di halaman kantor Bupati Manggarai Barat.

Hal ini disebabkan oleh kegiatan persiapan pelaksanaan Simulasi Protokol Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Destinasi Super Prioritas Labuan Bajo yang telah dilakukan pada 12 November 2020 yang lalu.

Turut hadir Plt. Sekda Manggarai Barat, Perwira Penghubung Kodim 1612 Manggarai, Kajari Manggarai Barat, Ketua Pengadilan Negeri Manggarai Barat, para Staf Ahli Bupati, Para Asisten Sekda, Pimpinan OPD lingkup Pemkab Mabar, Pimpinan Instansi Vertikal, dan sejumlah pejabat.

Upacara ini dilaksanakan sesuai protokol kesehatan. Peserta upacara yang terbatas yang terdiri dari Personil TNI–Polri dan Sat Pol PP serta PNS Lingkup Pemerintahan Kabupaten Manggarai Barat.

Menteri Sosial Juliari P. Batubara dalam sambutanya yang dibacakan Bupati Manggarai Barat Drs. Agustinus Ch. Dula mengatakan, kiranya Peringatan Hari Pahlawan Nasional tidak hanya sekadar diingat pada tanggal 10 November saja.

Namun lebih dari itu, perjuangan dan pengorbanan para Pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawa, untuk mempertahankan kedalautan NKRI perlu terus di kenang sepanjang masa oleh kita.

Apa yang telah dilakukan oleh para Pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan Pahlawan.

Kalau dahulu Pahlawan mengangkat senjata, namun sekarang kita melawan berbagai permasalahan bangsa seperti kemiskinan dan bencana alam, narkoba, paham radikal, termasuk melawan pandemik Covid-19 yang melanda seluruh belahan dunia.

Menurut Menteri, kita lanjutkan perjuangan para Pahlawan, dengan bersatu bergotong royong, mengisi kemerdekaan membangun negeri, jangan sia–siakan pengorbanan para Pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya.

Dalam upacara bendera Hari Pahlawan Nasional tahun ini Naskah Pembukaan UUD 1945 dibacakan Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manggarai Barat Yeremias Unggas, sedangkan Naskah pesan para Pahlawan dibacakan oleh Kabag Kesra setda Labupaten Manggarai Barat Abdullah Nur.

Usai upacara bendera dilanjutkan dengan upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Manggarai Barat.

Untuk diketahui, upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional tahun ini merupakan upacara terakhir yang dipimpin oleh Bupati Gusti Dula, sapaan akrab orang nomor satu di Manggarai Barat ini karena sebentar lagi ia akan mengakhiri masa jabatannya.

Wakapolres Manggarai Barat Kompol Sukanda saat di jumpai setelah selesai Upacara mengungkapkan, meskipun dalam masa pandemik Covid-19, peringatan Hari Pahlawan Nasional Tahun 2020 dapat berlangsung secara khidmat dan tidak menghilangkan maknanya. Bahkan dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa agar terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kita lanjutkan perjuangan para Pahlawan dengan bersatu, bergotong royong mengisi kemerdekaan dengan membangun negeri. Jangan sia–siakan perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi bumi pertiwi ini. Kita buktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang tangguh, berdaya saing, penuh dengan daya kreasi yang tidak kalah dengan bangsa–bangsa lain di dunia,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here