Vaksin Covid-19 Tiba, Langkah Nyata Akhiri Pandemi

0
2 views

foto.Ist

Penasatu.com-Manggarai Barat.NTT – Kedatangan vaksin Covid-19, Minggu (6/12/2020) menjadi momentum awal dari langkah nyata pemerintah dalam proses pengadaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi di Indonesia.

Vaksin yang tiba sekitar pukul 21.25 WIB tersebut menggunakan pesawat Garuda dengan cargo khusus rute Jakarta – Beijing – Jakarta. Vaksin Covid-19 itu tiba melalui Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng.

Meski kedatangannya menjadi angin segar dalam mengakhiri pandemi, Presiden Joko Widodo tetap meminta masyarakat disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak atau yang biasa dikenal dengan gerakan 3M.

“Meski vaksin telah tiba kita harus tetap disiplin. Semoga tuhan Yang Maha Esa memberkahi kita semua untuk bisa meliwati pandemic dan wabah virus Covid-19 ini,” kata Kepala Negara melalui akun youtube resmi Sekretariat Presiden, Minggu (6/12/2020).

Sebanyak 1,2 juta dosis vaksin yang datang di awal ini, sekaligus menerjemahkan pernyataan Presiden bahwa keselamatan rakyat sebagai prioritas utama dalam penanganan pandemi Covid-19. Hal ini melengkapi upaya testing, tracing, dan treatment, gerakan 3M, serta pelaksanaan vaksinasi.

Semuanya dikatakan Presiden sebagai upaya yang sangat penting untuk mengakhiri pandemi. 3M dan vaksinasi harus selalu berjalan bersamaan sampai kita semua benar-benar lepas dari pandemik. Walaupun vaksin sudah ada dan datang di Indonesia namun pelaksanaan vaksinasi masih harus melalui tahapan evaluasi dai BPOM untuk memastikan aspek mutu, keamanan dan evektifitasnya.

Pesawat yang membawa vaksin Covid-19 bernomor penerbangan GA890 dari Jakarta mendarat di Bandara Beijing Capital International sekitar pukul 13.00 waktu setempat. Setelah itu, otoritas setempat melakukan pengecekan kelengkapan administrasi.

Vaksin tersebut sebelumnya telah dikemas menggunakan tempat penyimpanan khusus berupa Envirotainer untuk menjaga kualitas vaksin. Sebanyak 1,2 juta vaksin dalam tujuh Envirotainer selanjutnya dimasukan ke bagasi pesawat. Pesawat kemudian lepas landas dari Bandara Beijing Capital International sekitar pukul 15.30 waktu setempat dan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta sekitar pukul 21.25 WIB.

Setibanya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Envirotainer dibawa ke warehouse Garuda untuk dilakukan pengisian ulang daya. Setelah itu, vaksin kemudian akan langsung dibawa ke Bio Farma di Kota Bandung.*

Laporan : Alfonsius Andi.

Sumber : Infopublik (TR/Elvira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here