Update Covid-19: Lagi 1 Orang Meninggal Terkonfirmasi Positif, Total Meninggal Dunia Saat Ini Jadi 15 Orang di Manggarai

0
74 views

Manggarai, penasatu.com-Jumlah Angka kesakitan dan Kematian yang disebabkan Covid-19 di wilayah Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT) terus merangkak naik, Kamis (18/03/2021), salah seorang Ibu Rumah Tangga ( IRT ) dengan inisial LA,(58) perempuan, dinyatakan meninggal dunia terkonfirmasi Covid-19.

Adapun kronologi kematian LA, yang meninggal dunia di Rumahnya, bermula dari informasi yang diterima SATGAS Covid-19 (Tim Kesehatan Dinkes dan Puskesmas Lao) yang dilaporkan oleh warga masyarakat, terkait kecurigaan dan dugaan kematian salah seorang warga yakni LA ibu Rumah Tangga, yang ditengarai 4 (Empat) hari sebelum meninggal Dunia, sempat mengalami sakit yang menyerupai Gejala Covid-19, seperti batuk, pilek dan panas. Kecurigaan Warga bertambah disebabkan karena, suami dari LA juga mengalami gejala sakit yang sama persis dialami almarhumah.

Berdasarkan laporan tersebut, Satgas Covid-19 (Tim Kesehatan Dinkes dan Puskesmas La’o) bergerak cepat dan berinisiatif untuk mendatangi Rumah dari Almarhumah LA untuk melakukan Testing, dengan pengambilan sampel SWAB Post Mortem terhadap LA untuk pemeriksaan TCM/PCR di Laboratorium RSUD dr.Ben Mboi, dan pengambilan sampel SWAB dari suami LA untuk pemeriksaan Rapid Test Antigen.
Berdasarkan Hasil pemeriksaan SWAB Post Mortem TCM/PCR, LA terkonfirmasi Positif Covid-19, dan Hasil rapid Test Antigen suami dari LA juga terkonfirmasi positif Covid-19.

Satgas Covid-19, telah melakukan pengambilan Sampel SWAB terhadap seluruh anggota keluarga almarhumah LA untuk kepentingan pemeriksaan Rapid Test dan PCR. Giat penelusuran kontak kasus secara intensif juga dilakukan terhadap keluarga dan Warga masyarakat.

Diketahui Almarhumah LA selama 4 (empat) hari sebelum meninggal dunia, mengalami sakit dengan gejala: demam, batuk, dan pilek, Almarhumah belum sempat memeriksakan dirinya ke fasilitas pelayanan kesehatan.

Satgas Covid-19 telah melaksanakan Proses Pemakaman LA di pemakaman Umum Cewonikit, mengikuti protokol Covid-19.

Satgas Covid-19 Kabupaten Manggarai, turut berduka cita atas berpulangnya almarhumah Ny. LA, Semoga arwahnya diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa dan seluruh Keluarga yang berduka diberikan kekuatan dan ketabahan.

Tercatat hingga Kamis, 18 Maret 2021, Total Jumlah warga Manggarai yang terinfeksi Covid-19 berjumlah 1.718 orang. Total Jumlah Pasien Covid-19 yang Sembuh 1.534 orang. Total jumlah Pasien Covid-19 yang meninggal Dunia 15 orang. Total jumlah Pasien Covid-19 yang sedang mendapatkan perawatan dan Isolasi 190 orang.

Mengingat Laju penularan terutama angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19 terus terjadi, Satgas Covid-19 Kabupaten Manggarai meminta dukungan dari seluruh Warga masyarakat Manggarai untuk bekerja sama, dan sama-sama bekerja, menghentikan mata rantai penularan Covid-19, dengan wajib mematuhi himbauan, dan instruksi pemerintah terkait kepatuhan dan disiplin menerapkan protokol Kesehatan Covid-19 dalam menjalankan aktivitas keseharian.

Mari bersama, memutus mata rantai penularan Covid-19, demi keselamatan kita semua.

Mewujudkan Masyarakat Manggarai yang sehat dan terbebas dari Covid-19 adalah Tanggung jawab kita bersama. Ayo kita bisa.(*)

Sumber: Lody Moa l, Juru Bicara SATGAS C19 Kabupaten Manggarai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here