Tuntas, Vaksinasi 10 Tokoh Kota Balikpapan

0
352

PENASATU.COM, BALIKPAPAN – Tuntas sudah pelaksanaan
Vaksinasi terhadap 10 tokoh Kota Balikpapan yang berlangsung di halaman Pemkot, Jl. Jend. Sudirman, Klandasan, Balikpapan Kota, Jumat (29/1/2021).

Sepuluh tokoh yang telah disuntik vaksin diantaranya, Wakapolda Kaltim, Danlanal, Dandim 0905/Bpn, Kapolresta Balikpapan, Kepala RS Kanudjoso Djatiwibowo, Duta Masker Kasmadi dan yang lainnya.

“Pelaksanaan vaksin hari ini akan ditandai dengan pemberian vaksin bagi 10 tokoh yang ada di Balikpapan,” kata Wali Kota Balikpapan, HM Rizal Effendi SE.

Sebelum melaksanakan vaksin, ada beberapa Standar Operasional dan Prosedur (SOP) yang harus dijalani oleh penerima vaksin.

Penerima vaksin harus menjalani beberapa tahapan pemeriksaan yang pertama dilakukan adalah pendaftaran dan registrasi data. Kedua screening kesehatan analisa fisik apakah ada komorbid termasuk pemeriksaan tekanan darah.

Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Drs Hariyanto SH M Hum

Tahap ketiga, penyuntikan vaksin Covid-19, dan setelah menerima vaksin, harus menuju area tunggu selama 30 menit untuk peninjauan pasca menerima vaksin.

Terakhir, setelah divaksin peserta menerima surat tanda jika sudah menjalani vaksinasi dari petugas kesehatan.

Dtempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan dr Andi Sri Juliarty menjelaskan jika di Balikpapan mendapatkan 12.200 dosis vaksin.

Serta, terdapat kurang lebih 5.878 tenaga kesehatan (nakes), hanya saja hingga saat ini yang baru melakukan registrasi ulang sebanyak 5.644 nakes.

“Untuk mendukung kegiatan vaksin hari ini, DKK telah menyiapkan 47 fasilitas kesehatan dengan 117 tenaga ahli yang sudah diberikan pelatihan untuk pelaksanaan vaksinasi,” jelas dr Dio, sapaan karib Andi Sri Juliarty.

Perlu diketahui, waktu percepatan vaksinasi diperkirakan akan selesai di tanggal 31 Januari 2021 mendatang.

Wakapolda Kaltim Brigjen (Pol) Drs Hariyanto SH MHum yang menerima vaksin pertama menuturkan, setelah 30 menit menerima suntikan vaksin tidak merasakan efek atau reaksi apapun.

Menurut dirinya, kondisi yang dialaminya berjalan normal seperti biasa, tidak ada reaksi atau keluhan apapun, tetap normal seperti biasa.

Wartawan : Riel Bagas

Editor : Penasatu.com/HTBS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here