Tjahjo Kumolo: Kenyamanan Dan Keamanan Wisatawan di Labuan Bajo Tugas Kepolisian

0
76 views

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo saat disambut dengan pemasangan topi Rea dan Selendang tenun khas Manggarai oleh Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si.

Penasatu.com- Manggarai Barat.NTT–Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo, Kamis (22/10/2020) berkunjung ke Mako Polres Manggarai Barat.

Kunjungannya tersebut, disambut secara Adat Manggarai serta pemakaian Topi Rea dan Selendang tenun khas Manggarai oleh Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si.

Tjahjo Kumolo, berkunjung ke Bumi Komodo dengan menggunakan baju kemeja berwarna hitam.

Kedatangan Menpan-RB bersama rombongan dalam rangka kunjungan kerja di wilayah Kabupaten Manggarai Barat sehubungan pelayanan publik menuju Labuan Bajo sebagai Kawasan Wisata Super Premium.

Selanjutnya rombongan menuju ruang Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Polres Manggarai Barat dilanjutkan dengan mengecek sejumlah fasilitas pelayanan publik di Polres Manggarai Barat yakni fungsi pelayanan publik di Satpas SIM, Unit Pelayanan SKCK, Sidik Jari dan Perijinan.

“Tujuan datang di Labuan Bajo untuk melakukan monitoring dan pembinaan di daerah–daerah tujuan wisata. Labuan Bajo ini adalah daerah tujuan wisata internasional. Maka, pemerintah daerah, Kepolisian dan semua pihak harus siap melayani,” kata Tjahjo Kumolo.

Selain itu, Menpan-RB juga mengingatkan kepolisian setempat untuk memastikan kenyamanan dan keamanan wisatawan di Kota Labuan Bajo. Pihaknya harus merubah citra Kepolisian Manggarai Barat menjadi Polisi pariwisata.

“Kepolisian harus menjaga keamanan, ketertiban masyarakat. Sehingga orang datang ke Labuan Bajo merasa aman dan nyaman. Orang mengurus SIM juga harus dilayani dengan cepat, memperpanjang SIM juga begitu,” kata Menpan-RB.

Sementara Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. usai menerima kunjungan Menpan-RB menerangkan, pihaknya terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

“Bapak Menpan-RB baru saja mengunjungi salah satu pusat pelayanan masyarakat di Polres Mabar yaitu, satuan lalu lintas. Beliau mengunjungi pelayanan SIM dan juga fasilitas yang sedang dibangun yang dipersiapkan untuk melayani masyarakat di Mabar,” ujarnya.

“Tujuan beliau datang untuk memastikan semua pelayanan publik yang dilakukan semua aparatur negara termasuk Polri dan ASN sesuai dengan SOP serta peraturan yang dikeluarkan pemerintah,” jelas AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si.

Saat ditanyai kesiapan Polres Manggarai Barat terkait kunjungan hari itu, AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. menerangkan, sebelum kunjungan Menpan-RB, Polres Manggarai Barat sudah dikunjungi dari Mabes Polri, dan Polda NTT.

“Alhamdulillah kita sudah melaksanakan dengan baik. Sebelum kunjungan Pa Menteri, kita sudah dikunjungi dari Mabes Polri dan Polda NTT,” ucapnya.

Untuk memperkuat kinerja personil Polres Manggarai Barat, tambah AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. pihaknya baru saja mendapatkan penambahan 60 personil baru.

“Minggu yang lalu kita mendapat penambahan 60 personil baru. Tujuannya untuk peningkatan pelayanan publik, khususnya masyarakat Manggarai Barat dan wisatawan yang mengunjungi Labuan Bajo,” terang Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si.

Selama kunjungan tersebut, Tjahjo Kumolo menuju dua tempat di Manggarai Barat, yaitu Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Manggarai Barat, serta meninjau pelayanan publik di Kepolisian Resor Manggarai Barat.

editor : penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here