Tingkatkan Pengawasan, Rutan Tanah Grogot Tambah 16 CCTV Baru

0
64

Foto: dok.mediacenter.paserkab.go.id

TanaPaser, Penasatu.com – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Tanah Grogot terus memperkuat amunisi CCTV ( Closed Circuit Tetlevision) di dalam kawasan dalam rangka meningkatkan keamanan dan pengawasana terhadap warga binaan agar bisa semakin maksimal. Ada 16 unit tambahan yang dipasang pada titik titik rawan di area blank spot.

“Benar kita telah melakukan penambahan 16 unit CCTV pada titik pantauan terutama di area blank spot, agar pengawasan kami terhadap warga binaan bisa maksimal,” ujar Kepala Rutan, Bayu Muhammad di ruang kerjanya, Rabu (15/11/2023) lalu.

Hal ini dalam rangka untuk meningkatkan pengawasan dan keamanan terhadap warga binaan. “Pasalnya, saat ini tingkat overcapacity di Rutan terus menunjukkan peningkatan. Sehingga membuat seluruh jajarannya harus meningkatkan kewaspadaan di seluruh sektor,” tegasnya.

Lanjut dia, sebelumnya Rutan Tanah Grogot hanya dipantau dengan 8 CCTV, beruntungnya disini selalu dalam keadaan kondusif. Ini membuat saya kaget saat baru tiba di sini. Sehingga perlu bagi kami untuk kembali menambah CCTV, ini bentuk deteksi dini sesuai arahan Kanwil maupun Pusat. Itu sebabnya kami menambah lagi 16 titik baru.   

Di Rutan Tanah Grogot, regu keamanan terbagi 4 regu jaga, yang masing-masing terdiri dari 9 orang, berbanding terbalik dengan jumlah warga binaan yang saat ini berjumlah 676 orang (per 15 November 2023). Angka tersebut tentunya belum variabel ideal dalam menciptakan Lingkungan Pemasyarakatan yang kondusif, sewaktu- waktu kemungkinan bisa saja terjadi potensi gangguan Kamtib di dalam Rutan.

Seentara itu, Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, Achmad Zaki Al Hasni menjelaskan, bahwa pihaknya juga selalu menjalin hubungan yang solid dengan Aparat Penegak hukum (APH) dan instansi lainnya, dengan segala keterbatasan yang ada.

” Setelah menambah jumlah titik pantauan, sesuai arahan Karutan, kita juga tambah fasilitas penerangan di tiap tiap-tiap sudut beranggang, tidak kalah penting kita juga selalu menjalin sinergi yang baik dengan APH baik TNI Polri maupun instansi terkait, sehingga apabila terjadi sesuatu dikemudian hari, kita sudah siap,” pungkasnya.(*)

sumber:mediacenter.paserkab.go.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here