Tingkatkan Pelayanan, RSUD HIS Kubar Buka Pengaduan Online

0
60

Ir.H.Ahmad Sofyan,MM saat meresmikan program aplikasi online pengaduan di RSUD HIS

Reporter : Ichal Penasatu

Penasatu.com,Kutai Barat – Rumah Sakit Umum Daerah Harapan Insan Sendawar (RSUD HIS) Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur terus meningkatkan mutu pelayanannya. Terutama untuk memberikan rasa nyaman dan mengetahui tingkat kepuasan masyarakat kini RSUD HIS membuka pelayanan pengaduan secara online ” Lapor HIS ”

Bupati Kubar FX Yapan. SH di wakili Ir.H.Ahmad Sofyan Pj.Sekertaris Daerah (Sekda) meresmikan secara langsung penggunaan Lapor His di saksikan dr.Akbar. M.Si Direktur RSUD HIS dan para dokter serta staf dan pengunjung rumah sakit, Selasa (16/6/20) langsung dari RSUD HIS Sendawar Kubar.

“Bupati dalam sambutan yang di bacakan Ahmad Sofyan mengatakan, layanan online ini dapat memudahkan masyarakat dalam menyampaikan pengaduannya atas pelayanan rumah sakit. Dan tidak perlu lagi datang untuk mengadu, hanya tinggal mengisi formulir pengaduan dari genggaman. Baik saran dan keluhan masyarakat akan langsung ditampung oleh admin website Lapor HIS, ujar Ahmad Sofian.

“Lebih lanjut Ahmad Sofyan menjelaskan, layanan online ini sejalan dengan misi pembangunan daerah yaitu, peningkatan kualitas SDM (Sumberdaya Manusia) melalui pelayanan kesehatan dan pendidikan yang semakin berkualitas menjangkau seluruh lapisan masyarakat dan dalam hal pengaduan masyarakat terkait layanan kesehatan dapat diketahui secara efektif dan mudah diketahui oleh pihak pengelola rumah sakit,” ungkapnya.

“Pemerintah sangat mengharapkan melalui layanan pengaduan online oleh masyarakat ke Lapor HIS, agar dapat ditindak lanjuti dengan optimal. Tentu dalam mengenalkan sebuah program baru pasti ada tantangannya, oleh sebab itu agar meningkatkan layanan ini. Sehingga sukses menjaring aspirasi masyarakat,”harap Pj.Sekda Kubar.

Terlebih saat ini RSUD HIS mendapat pringkat akreditasi tingkat Madya yang mampu menjadi boster pendorong untuk terus berbenah dalam peningkatan layanan kepada masyarakat melalui ketersedian fasilitas kesehatan yang menunjang kegiatannya, tutup Ahmad Sofyan.

Terpisah, Direktur RSUD HIS dr.Akbar,M.Si menuturkan, Lapor HIS ini, adalah layanan pengaduan online terhadap RSUD HIS ,dan kami berkomitmen untuk selain menerima kritik, keluhan dan saran dari masyarakat, layanan online ini juga dapat digunakan oleh warga dalam laporan darurat, sehingga dapat direspon cepat oleh Admin website yang akan disampaikan ke tim kesehatan rumah sakit,” ujar Akbar.

Program ini dibuat karena ketersedian kotak kritik, saran dan keluhan masyarakar yang terpajang disetiap sudut RSUD HIS banyak tidak terisi oleh masyarakat pasien maupun pengunjung rumah sakit, malahan kita melihat banyak kritik dan saran masyarakat langsung dilontarkan melalui media sosial, imbuhnya.

“Sehingga kita membuat layanan klik Lapor HIS ini sehingga masyarakat bisa langsung melaporkan keluhan, kritik dan sarannya. Atas dasar pengaduan masyarakat itulah nantinya dapat kita tanggapi dengan cepat. Nanti juga akan bisa terhubung langsung melalui WhatsApp,” pungkas Akbar.*

Editor : penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here