Tingkatkan PAD dari Pajak Kendaraan UPTD Bapenda Kubar, Gelar Razia, Terutama Non KT

0
173

Para petugas gabungan saat melakukan giat razia untuk meningkatkan PAD dan kesadaran masyarakat untuk taat pajak di depan kantor Samsat Pembantu Melak.

Penasatu.com, Kutai Barat – Dalam upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah(PAD) dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk taat pajak. UPTD Bapenda Kubar bersama Kepolisian kembali melakukan giat razia kendaraan, kali ini berlokasi di Jalan Sendawar Raya, Kecamatan Melak tepatnya di depan kantor Samsat Pembantu Melak, Selasa (19/11).

“Kita terus upayakan peningkatan PAD dari sektor pajak kendaraan bermotor sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat untuk bisa taat pajak. Khususnya untuk wilayah Kabupaten Kutai Barat dengan bekerja sama dengan Dishub dan Polres Kubar untuk pelaksanaan giat razia ini,” ujar H. Akhmad Sarkawi, Kepala UPTD Bapenda Kubar,

Sebelum melakukan razia di awali dengan pengarahan singkat bersama, giat razia gabungan ini mulai dilaksanakan sekitar pukul 09.30 pagi.

Dari kegiatan UPTD Bapenda ini bersama tim gabungan ini ratusan kendaraan terjaring, bukan hanya pajak kendaraan, surat kelengkapan berkendara lainnya pun turut diperiksa oleh petugas.

“Giat razia ini kita fokuskan untuk kendaraan dari luar daerah/non KT yang beroperasi di Kutai Barat, khususnya bagi kendaraan roda empat.

Kita berikan himbauan untuk segera mengurus mutasi kendaraannya agar bisa membayar pajak di wilayah beroperasinya kendaraan tersebut, bukan di daerah asalnya. Sehingga nanti dapat meningkatkan PAD khususnya di Kabupaten Kutai Barat ini,” tambah Akhmad Sarkawi.

Setidaknya ada sekitar 248 unit kendaraan yang terdiri dari 133 unit roda dua dan 115 unit roda empat yang terjaring razia. Dan ada 56 unit kendaraan yang diberikan tindakan oleh tim gabungan razia ini. Dan ada 15 unit kendaraan yang menggunakan plat nomor non KT dan diberikan surat untuk segera memutasikan kendaraannya.

Selain itu, sekitar 19 unit kendaraan yang terbukti belum membayar pajak kendaraan langsung menunaikan kewajiban pajaknya melalui loket Samsat Jelajah. Dengan total pembayaran pajak dari 19 unit kendaraan tersebut sebesar Rp 7.013.400.*

Wartawan : Ichal.

Editor : EDS/penastu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here