Tingginya Curah Hujan di Balikpapan, Pipa Air Baku PDAM Kembali Alami Kebocoran

0
60

Penasatu.com, Balikpapan – Jalur Pipa Air Baku IPAM ( Instalasi Pengolahan Air Minum) KM.8 Batu Ampar kembali bermasalah, walaupun sampai saat ini masih ada tekanan air namun belum mengalir ke wilayah daerah pelanggan seperti daerah atas Balikpapan Barat dan sebagian daerah tinggi, selain jauh dari IPAM KM.8 tekanan airnya masih naik turun. Juga yang terjadi pada IPAM Kampung Damai dari waduk Manggar jalur pipa ada yang mengalami kebocoran.

Jalur Pipa Transmisi pipa air baku PDAM, yang menghubungkan Waduk Manggar ke dua Instalasi Pengolahan Air Minum PDAM, yaitu IPAM KM.8 dan IPAM Kampung Damai, sangat sering terganggu yang diakibatkan cuaca yang saat saat ini sering berubah ubah.

Dampak perubahan Alam ini cukup berpengaruh terhadap pergerakan tanah akibat seringnya hujan yang turun, sehingga juga berakibat pada jalur pipa Transmisi yang cukup panjang. Waduk Manggar menuju ke IPAM KM.8 Batu Ampar berkisar 7 kilometer dan untuk menuju IPAM Kamp Damai mencapai 15 kilometer, sehingga sangat rentan dengan resiko kebocoran kepada Dua Jalur Pipa Transmisi ini.

Direktur Teknik, Arief Purnawarman melalui Kepala Sub. Bagian Customer Service, kang Uyo menyampaikan bahwa dampak pelayanan Distribusi air dari IPAM KM.8 saat ini memang belum merata untuk mengalir kepelanggan, Tim PDAM masih mengevalusi sepanjang 7 kilometer pada pipa Transmisi air baku yang mengaliri air baku ke IPAM KM.8, kami berharap pelanggan yang belum maksimal distribusinya untuk dapat bersabar sambil kami mencari titik masalah terhadap tekanan yang masih kecil.

“memang menjadi dilema disatu sisi PDAM melakukan pencarian masalah, disatu sisi Insatalasi pengolahan air minum KM.8 Batu Ampar, harus tetap kontinyu Produksi air bersih.” Ujarnya.

Sementara di lain sisi Jalur Pipa Air Baku IPAM Kampung Damai juga mengalami kebocoran akibat pergerakan Tanah selama hujan yang turun di Kota Balikpapan, dimana kerusakan terjadi Rabu (22/07/2020) kemarin, yang teridentifikasi kebocaran Pipa Transmisi Air Baku Jenis steell dia. 600 mm.

Tim Tanggap Darurat PDAM, berencana akan menjadwalkan perbaikan pada hari Jumat (24/07) hari ini, mulai jam 20.00 Wita s.d Selesai (target pekerjaan 1×24 Jam, lebih cepat lebih baik) yang berlokasi di Hutan transad Balikpapan.

Tim PDAM saat ini sudah mempersiapkan galian tanah dan termasuk bahan, peralatan operasional perbaikan nantinya, dari perbaikan tersebut 45% Pelayanan Air bersih Kota Balikpapan terganggu dari IPAM Kampung Damai.

Suryo Hadi Prabowo selaku Kasubag Customer Service, menyampaikan permohonan maaf yang sebesar besarnya atas ketidak nyamanan ini, terutama kepada pelanggan yang daerahnya lebih dahulu mengalami tekanan distribusi yang kecil bahkan Tidak mengalir lebih dahulu dari jalur IPAM Kamp. Damai.

Kang Uyo juga mengingatkan bahwa, apabila perbaikan sudah selesai nantinya, proses Normalisasi kembalinya air kerumah pelanggan membutuhkan waktu dan jarak, tergantung jauh dekat, tinggi rendah rumah pelanggan itu sendiri, apalagi Kontur Kota Balikpapan yang 80% adalah berbukit bukit dan lembah.

Adapun aliran Produksi IPAM KAMP. DAMAI : Balikpapan Selatan, Balikpapan Kota, Sebagian Balikpapan Tengah dan Balikpapan Barat : Simp.Tiga Kp.Damai, Komp.Bank Duta, Perum Pos & Giro, Komp.BDS, Komp.BDI, Komp.PLN Pikitring Ring-Road, Gg.Mex, Gg.Teratai, Gg.PLN, Gg.Sampurna, Gg.Orienz, Simpang Tiga Jl.Mt.Haryono, Stalkuda, Gn.Bakaran, Sepinggan s/d Mulawarman (PJHI) Batakan, Bpp.Permai, Ps.Baru, Markoni, Klandasan, Pelayaran, Prapatan, Jl.Melati, Telogorejo, Bhayangkara, Cendrawasih, Dondang, Gn.Malang, Belakang Toko Utama, Gn.Malang Radar, Auri, Marbo, Siaga, Markoni Auto 2000, Gn.Guntur, Gn.Rambutan, Gn.Kawi, Kr.Rejo, Kp.Damai (Al’Makmur), Komp.Telkom, Terminal Tangki PDAM, Gg.Agung Tunggal, Komp.Bpp.Baru, Jalan Beler, Dam, Sebagian Daun Village, Muara Rapak, Kr.Anyar, Pdn.Sari, Pdn.Wangi, Kebun Sayur, Semoi, Kp.Baru Tengah, 21 Januari, Sepaku dan sekitarya, seluruh aliran Distribusi air dari IPAM KP.Damai.*

Sumber : Rilis PDAM

Editor : penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here