Taktik Berjalan, Persiba Permak Persis Solo

0
5 views
Salahudin, baju putih dan Beni Oktavianto, kanan.(foto.Riel)

Penasatu.com, Balikpapan – Persiba Balikpapan memenuhi janjinya dengan meraih kemenangan cukup meyakinkan atas tamunya, Persis Solo, 3-0 (1-0) dalam lanjutan Liga 2 Grup Timur di Stadion Batakan, Manggar, Balikpapan Timur, Rabu malam (26/6).
Taktik yang diterapkan sang pelatih Salahudin berjalan sesuai yang diinginkan. Persiba yang berjuluk Beruang Madu mempermak Laskar Samber Nyawa, julukan Persis Solo tiga gol tanpa balas.

Sejak wasit Sance Lawita (Sulteng) meniup peluit pertama, para pemain Persiba langsung menekan daerah pertahanan lawan. Persis Solo agaknya menerapkan taktik lebih bertahan dan melakukan counter-attack. Namun serangan balik anak-anak Solo tak berjalan baik, lantaran Taufik Kasrun yang menggalang pertahanan bersama Anis Mujiono, Imam Mahmudi dan Riskal Susanto cukup solid menjaga daerahnya dari gempuran Wusono Budi, Slamet Budiyono dan lainnya.

Gol pertama Persiba lahir dari sepakan Muhammad Rasul yang merupakan adik dari M Rahmat, pemain PSM Makassar di menit ke 39. Tendangan Rasul yang merobek sudut kiri gawang Solo yang dijaga Sukasto Efendi dilepaskannya dari luar kotak penalti.
Keunggulan satu gol ini bertahan sampai turun minum. Di babak kedua, anak-anak Solo yang sedang tertinggal satu gol, mulai melakukan gempuran ke pertahanan Persiba. Tapi Taufik Kasrun dkk tetap konsisten menghalau setiap serangan lawan.
Sebelas menit kemudian atau di menit ke 56, pemain asal Balikpapan binaan klub Beruang Madu Sakti (BMS) Andre Dio Milandar menggandakan keunggulan Persiba. Menit ke 68 giliran Beni Oktavianto melengkapi kemenangan telak Persiba atas Persis Solo, 3-0.

Kemenangan ini berkat berjalannya taktik yang diterapkan Salahudin.
“Terima kasih atas dukungannya, hingga kami bisa memetik kemenangan,” ucap Salahudin. “Menang kami syukuri, kalau kalah kami akan evaluasi karena kompetisi masih panjang.”

Salahudin mengakui, ada beberapa pemainnya yang mengalami sedikit cedera, tapi tak mengkhawatirkan saat mereka akan memulai pertarungan tandang ke kandang Persewar Waropen.*

Wartawan: BS/Riel Bagas

Editor: pensatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here