Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Gotong Royong Perbaiki Jalan Rusak di Lelak

0
13 views

Lelah menunggu, warga masyarakat Desa Ndiwar gotong royong memperbaiki jalan. (foto.YH/PS)

penasatu.com, Manggarai -NTT. Sejumlah warga di Kampung Ndiwar Desa Ndiwar, Kecamatan Lelak, Kabupaten Manggarai Provinsi Nusa Tenggara Timur bergotong royong memperbaiki jalan rusak berlubang

Dalam pantauan dan informasi yang dihimpun oleh Penasatu.com.dilapangan pada senin,(21/12/2020), warga berinisiatif untuk melakukan perbaikan jalan daerah yang menghubungkan Desa Ndiwar-Ketang Lelak, Kecamatan Lelak, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, yang begitu terlihat rusak atau berlobang parah itu

Inisiatif tersebut dilakukan oleh warga karena jalan yang rusak berlubang tersebut tak kunjung mendapatkan perbaikan dari pemerintah daerah

Mereka pun terpaksa bahu membahu mengangkut material perbaikan dikali yang tak jauh dari jalan tersebut mulai dari batu yang berukuran besar maupun kerikil dan pasir untuk memperbaiki jalan tersebut.

Salah seorang warga Wil Gano dilokasi kepada penasatu.com.yang membenarkan adanya kondisi jalan yang rusak tersebut

“Betul, ada gotong royong warga memperbaiki jalanan rusak jalur daerah di wilayah perbatasan antara Desa Ndiwar dan Desa Bangka Dese ,” katanya.

Wil Gano berharap, aksi solidaritas yang dilakukan oleh warga tersebut bisa menjadi bahan refleksi bagi pemerintah daerah untuk siap dalam menangani persoalan publik yang ada.

“Apalagi, kondisi jalan yang memadai merupakan bagian dari kebutuhan paling urgen di tengah-tengah masyarakat,” ungkap wil.

Wil Gano menambahkan, pemerintah daerah manggarai khususnya mesti selalu berada di garda terdepan dalam memberikan solusi terhadap permaslahan infrastruktur di tengah masyarakat manggarai raya ini

“Salah satunya persoalan jalan. Bukankah ini salah satu visi utama untuk bupati baik sebelum menjabat maupun bupati yang terpilih sekarang, apalagi didepan mata kita telah menyaksikan menjabat seorang bupati baru meskipun sebelumnya belum diperhatikan yang dalam hal ini adalah soal program infrastruktur?” pungkasnya

Dia mengaku untuk memperbaiki beberapa titik jalan yang rusak tersebut warga meminta salah satu pemilik mobil berjenis Dumtruk untuk mengangkut material digunakan untuk menutupi jalan yang berlubang.

” Kami kerjakan ini secara gotong royong melalui kerja bakti bersama sama, apalagi menjelang perayaan natal yang kita rayakan didepan mata dan sebagai kegiatan rutin kami setiap tahun,” kata dia.

Dikatakannya, berangkat dari rasa resah dan prihatin tersebut lantaran saat melewati jalur tersebut dimana setiap hari para pengguna jalan berpotensi kecelakaan.

Wil Gano sangat berharap agar Pemkab Manggarai kedepannya memperhatikan jalan yang buruk diwilayah Kecamatan Lelak khususnya di jalur Gelong Raya (Ndiwar), pembangunan infrastruktur jalan diharapkan jangan berfokus diperkotaan dengan tujuan agar masyarakat di desa juga menikmati infrastruktur jalan yang berkualitas hingga tidak menghambat segala aktivitas dan perekonomian warga.”harap dia.

Untuk bisa perhatikan jalan ini lanjut dia, agar memperbaikinya baik itu jalan lapen yang rusak berlubang maupun ruas-ruasnya secara tuntas.

Diketahui, akhir-akhir ini infrastruktur jalan kerap menjadi sorotan di Kabupaten Manggarai. Pasalnya, beberapa titik mengalami kerusakan yang berujung meresahkan masyarakat Lelak.

Wartawan : Yhono Hande

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here