Surat Suara Sudah Masuk Gudang KPU

0
1 views

Noot Thoha ketua KPU kota Balikpapan

PENASATU.COM, BALIKPAPAN -Surat suara untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Balikpapan 9 Desember 2020 mendatang, telah tiba di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan, Jl. Jenderal Sudirman, Prapatan, Balikpapan Kota (Balkot), Jumat (20/11/2020).

Sebanyak kurang lebih 454.999 lembar kertas suara diterima KPU sesuai jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ditambah sebesar 2,5% dari setiap Tempat Pemungutan Suara(TPS).

“Surat suara untuk pelaksanaan Pilkada Balikpapan telah tiba di pelabuhan, tadi pagi sudah dibongkar bahkan hari ini sudah masuk ke gudang KPU, yakni gudang penyimpanan surat suara,” jelas Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha.

Thoha menguraikan, surat suara yang diterima KPU masih dalam bentuk kotakan atau masih dalam pack, dimana setiap pack-nya terdapat 2000 lembar surat suara, dan dalam waktu dekat akan langsung dilakukan penyortiran, kemudian dihitung kembali apakah betul isinya 2000 lembar atau kurang dari itu.

Jika kurang jumlahnya sesuai yang tercantum didalam pack, maka akan dicatat dengan sebutan kurang kirim. Selain kurang kirim, ketika saat penyortiran ada berapa kertas suara yang rusak, misalnya seperti ada robekan, ada bolongan atau ada bercak tinta dan warna cetakannya pudar, maka semua itu disisihkan.

“Bila ada kekurangan atau rusak, Kemudian dicatat, selanjutnya baik itu kurang kirim dan rusak, akan kita sampaikan dan kita kirim kembali untuk meminta ganti ke pabriknya,” jelas dia.

Untuk pilkada Balikpapan saat ini, terdapat 443,243 pemilih yang masuk dalam DPT, dan harus kami pastikan jumlah surat suara yang datang jumlahnya harus mencukupi.

Kemudian, untuk mengantisipasi kekurangan kertas suara, maka KPU melakukan penghitungan tambahan untuk di setiap TPS sebanyak 2,5% dari jumlah DPT di TPS.

Jadi, jika didalam DPT terdapat ada pecahan maka pembulatanya ke atas, maka surat suara yang akan dikirim ke TPS sudah tentu lebih, hal tersebut untuk mengantisipasi kekurangan kertas suara di TPS.*

Wartawan : Riel Bagas
Editor : Penasatu.com/HTBS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here