Sumaryanto : Bandar Udara Melalan Masih Beroperasi, Maskapai Xpress Air Tinggalkan Kubar

0
199

Sumaryanto,A.Md Kepala Unit Pelaksana Bandar Udara Melalan Kutai Barat

Penasatu.com,Kutai Barat – Bandar Udara Melalan Kabupaten Kutai Barat (Kubar) hingga kini masih beroperasi dan masih melayani penerbangan baik kedatangan dan keberangkatan yaitu dari Samarinda ke Kutai Barat serta menuju Data Daway dan sebaliknya. Penerbangan dalam seminggu ada tiga kali yaitu, Rabu, Kamis dan Minggu.

Kepala Unit pelaksana Bandar Udara Melalan Kutai Barat, Sumaryanto mengungkapkan, menanggapi terkait mewabahnya Corona Virus (Covid-19). Maka Bandar Udara Melalan, sesuai dengan arahan dari Deratorat Jenderal Perhubungan Udara untuk menyiapkan Hand Sanitizer baik itu diruang kedatangan maupun ruang keberangkatan.

“Hand Sanitizer itu sudah kita pasang dan sudah kita atur sesuai dengan jaraknya,” ujarnya saat ditemui diruang kerjanya, Selasa ( 31/3/20 ).

Lebih lanjutnya Sumaryanto mengatakan, untuk penumpang baik yang akan check in, maupun yang ada di ruang tunggu. Dan kursi yang ada di ruang tunggu sudah kita kasih tanda silang sebagai tanda jarak sesuai anjuran. “Selain itu juga pihak bandar udara Melalan membuat standing banner untuk sosialisasi kepada penumpang sebagai pengguna transportasi jasa udara, sosialisasi tentang cara pencegahan dari Covid-19 itu sendiri,” katanya.

Masih kata Sumaryanto, terkait penumpang yang datang, sementara ini pihak Dinas Kesehatan Kubar tidak memfokuskan pemeriksaan suhu badan di bandara, karena mereka fokus untuk pemeriksaan di jalur darat dan sungai.

Untuk itu kita upayakan dan kita mengadakan sendiri, untuk membantu Diskes Kubar apa bila nanti penumpang yang datang itu terindikasi atau terdapat suhu badan yang melebihi di 38 derajat, maka kita sarankan untuk di arahkan melapor keposko yang saat ini sudah disediakan oleh Diskes Kubar yang ada dibRumah Sakit HIS, bebenenya.

“Itu saat ini yang bisa kita siapkan dan lakukan dibandar udara Melalan,” pungkasnya.

“Sumaryanto juga menjelaskan, terkait Xpres air, yang kemarin kita sampaikan sedang perbaikan, namun dari surat terakhir yang disampaikan oleh Xpres air ke Bupati Kubar dan Bandar Udara Melalan dalam surat tembusannya, bahwa untuk saat ini memang Xpres air sudah tidak melayani rute Samarinda Kubar dan sebaliknya yang selama ini ada.

Untuk itu, Bandar Udara Melalan Kubar akan berencana membuat surat ditujukan pada Direktur angkutan udara untuk meminta bantuan guna menawarkan kepada operator atau Air line yang lain yang sekira berminat untuk menerbangi rute rute yang ditinggalkan oleh pihak Xpres air, tutupnya.

Wartawan : Ichal.

Editor : penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here