STIKes Indah Medan Capping Day Mahasiswa Prodi D3 Keperawatan dan Kebidanan

0
103 views

Medan, Penasatu.com – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Indah Medan, menggelar Capping Day (pemasangan topi perawat) kepada mahasiswa Program Studi (Prodi) D3 Keperawatan dan D3 Kebidanan, Kamis (25/3) di Ballroom Kampus STIKes Indah jalan Saudara Ujung, Medan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Pembina Yayasan Indah Medan H.Abdul Haris Hasibuan, SE, Ketua Yayasan Indah dr. M. Riski Ramadhan Hasibuan, SH, SE, MKM, Ketua STIKes Indah Medan diwakili Gunawan, MSi, Apt, Ketua Prodi Farmasi Drs. Mustafa Ridwan, MSi, APT berikut Ketua Prodi Keperawatan dan Kebidanan serta para tenaga pengajar.

Pada kesempatan itu, Ketua STIKes Indah Medan melalui Gunawan, MSi, Apt, mengatakan, para mahasiswa yang di Capping Day ini merupakan Angkatan XIX dan telah mengikuti pelajaran teori selama 1 semester di Kampus.

“Setelah Capping Day, para mahasiswa ini baik Prodi Keperawatan, Kebidanan dan Prodi Farmasi STIKes Indah Medan akan melakukan praktek di Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik dan lainnya,” ujarnya.
Ia juga menyampaikan, selama pembelajaran 1 semester, dari masing-masing Prodi, 3 diantaranya mendapatkan predikat mahasiswa berprestasi. Untuk D3 Keperawatan yang berprestasi Alwiduri Putri Anggraini (IP 3,70), Reza Zilianda (IP 3,66) dan Firdaus (IP 3,64).

Kemudian D3 Kebidanan Khairunnisa (IP 3,65), Fitri Ayu Lestari (IP 3,57) dan Ainul Rahmadani (IP 3,52). Sedang Prodi Farmasi, Widya Nabila Nasution (IP 3,75), Indika Nurahma (IP 3,62) dan Riska Indah (IP 3,60). “Ini kita lakukan dalam upaya memotivasi para mahasiswa lainnya untuk bisa berprestasi,” ungkapnya.

Ketua Yayasan Indah Medan, dr. M Riski Ramadhan Hasibuan SH SE MKM dalam sambutannya mengatakan, Capping Day ini amat penting bagi perjalanan akademik STIKes Indah Medan, terutama bagi para mahasiswa/i beserta keluarga, khususnya di Prodi D3 Keperawatan dan Kebidanan. Dikatakan, Capping Day ini merupakan langkah awal di dalam menciptakan tenaga kesehatan yang profesional. Untuk itu hendaknya seluruh mahasiswa dapat memanfaatkan momen ini sebaik mungkin.

“Setiap mahasiswa hendaknya memiliki jiwa penolong dalam memberikan pelayanan kepada orang lain dan harus benar benar dilaksanakan dengan sepenuh hati. Para mahasiswa perlu juga membangun karakter sehingga terbentuk tenaga kesehatan yang handal,” sebut Riski yang juga Ketua DPRD Serdang Bedagai.

Menurut dr Riski, mahasiswa harus memiliki disiplin, karena nantinya ketika selesai dari pendidikan di STIKES Indah Medan, para mahasiswa akan dihadapkan pada tantangan dinamika masyarakat yang terus berkembang.
Apalagi disituasi saat ini dimana Negara kita mengalami Pandemi Covid-19, sehingga tenaga kesehatan menjadi garda terdepan dalam hal penanganan Covid-19. “Tantangan tersebut haruslah disikapi dengan peningkatan pengetahuan dan pengembangan diri yang dilakukan secara terus menerus,“ ujar politisi muda dari Partai Gerindra tersebut.

“Nilai etika dan disiplin serta kekompakan juga perlu dikedepankan. Oleh sebab itu, para mahasiswa yang baru saja melakukan pemasangan cap dapat memberikan pelayanan yang profesional dan berkualitas sera memiliki integritas, etika, mampu berfikir kritis dalam setiap tindakan, memiliki motivasi internal yang kuat dan dapat diandalkan,” tambah putra H. Abdul Haris Hasibuan tersebut.

Kepada mahasiswa/i yang di Capping Day yang memiliki predikat terbaik, Riski Ramadhan menghimbau agar kiranya terus belajar dan jangan terlalu cepat merasa puas. Begitu juga sebaliknya yang sudah merasa maksimal dalam belajar tetapi belum mencapai predikat terbaik jangan merasa putus asa, teruslah belajar dan belajar.

Riski Ramadhan mengucapkan terimakasih kepada Kepala LLDIKTI Wilayah I Sumut yang telah banyak memberikan bimbingan kepada STIKes Indah Medan terkait pengembangan sistem pendidikan kesehatan. Kemudian ucapan terimakasih kepada Dinas Kesehatan sehingga para dapat berpraktek di lapangan seperti rumah sakit, puskesmas dan lainnya. Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada civitas akademika STIKes Indah Medan yang telah membuat para menjadi mahasiswa yang handal dan profesional.

“Kini STIKes Indah terus berbenah terkhusus dalam pengembangan mutu pendidikan, dan Alhamdulillah sekarang sudah melakukan beberapa kerjasama dengan instansi kesehatan dan lembaga baik di dalam negeri ataupun di luar negeri untuk jalur peminatan pekerjaan khusus alumni-alumni STIKes Indah. Dan juga STIKes Indah telah menambah Prodi baru yaitu S1 Farmasi,” tutupnya. (Ari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here