Sekda :Belum ada Peningkatan Segnifikan Covid-19 di Wilayah Kubar

0
182

Sekdakab Kubst Dds.Yacob Tullur,MM, Kadiskes. dr.Ritawati Dinaga, Kabag Sumda Polres Kubar Kompol Iswahyudi, Direktur RAUD HIS dr.Akbar, Kadishub H.Rakhmat dan Sekretaris BPBD Kubar Albina.

Penasatu.com,Kutai Barat – Pemerintah Kabupaten Kutai Barat melalui gugas tugas percepatan penangan Corona Virus Disease (Covid-19) yang di pimpin langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Kubar kembali merilis terkait perubahan data sebelumnya mengenai Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Sekretaris Kabupaten Kutai Barat Drs.Yacob Tullur,MM mengatakan, pemerintah Kubar menyampaikan kembali perubahan data Covid-19 dan dimana tidak terlalu banyak mengalami perubahan.

Terutama terkait jumlah kendaraan yang masuk ke Kutai Barat pada 4 April 2020 kemarin, dari Kecamatan Bongan dalam wilayah UPT Puskesmas Jambu, dengan 416 unit kendaraan dengan jumlah kunjungan 862 orang, ujar Sekda pada saat jumpa pers di posko Covid-19, bertempat di rumah dinas jabatan Bupati Jln.Komplek perkantoran Pemkab Kubar, Minggu (5/4/20).

Sekda menjelaskan, untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 176 orang, jumlah Pasien dalam Pengawasan (PDP) masih tetap 5 orang. Dari proses pemantauan ada 174 orang, yang sudah selesai ada 29 orang.

Dan jumlah derefit Se-Kabupaten Kutai Barat pertanggal 4 April 2020 sebanyak 41 orang. Untuk hari ini, Minggu 5 April 2020 ditambah 8 orang yang negatif 40 orang sedangkan yang positif masih 1 orang, ujar Sekda.

Ini setelah FX Yapan ( Bupati Kubar.red) mengumumkan dari 5 PDP telah dinyatakan satu orang positif terinfeksi virus corona melalui hasil rapid tes tim medis Covid-19 RSUD Harapan Insan Sendawar(HIS), Sabtu 4 April 2020 kemarin.

“Agar penangan kasus wabah tersebut lebih maksimal, pemerintah daerah telah menyiapkan dua tempat isolasi atau karantina jika ada pasien yang terkonfirmasi positif covid-19. Yakni Asrama Paskibraka dan Rumah Sakit Pratama Linggang Bigung, yang sudah 90 persen kelelengkapan fasilitas kesehatannya,” ungkap Yacob Tullur.

Yacob Tullur juga mengumumkan, dari jumlah data kunjungan yang masuk ke wilayah Kubar ada penurunan dari sebelumnya saat ini terdata 416 unit kendaraan dan jumlah kunjungan 862 orang dari posko Covid-19 di pintu masuk perbatasan wilayah Kecamatan Bongan.

“Kita akan menginventarisir data kependudukan yang datang bukan warga Kubar, guna menghindari wilayah kita menjadi pelarian dan penyebaran wabah virus corona ini,” tegasnya.

Sehingga visual data kependudukan diberlakukan ketat dari petugas gabungan TNI-Polri, Satpol PP dan Disdukcapil di posko perbatasan wilayah Kecamatan Bongan, Mook Manaar Bulan dan Kecamatan Penyinggahan untuk jalur Sungai Mahakam.”tutup Sekda.

Wartawan : Ichal.

Editor : penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here