Sampai Detik Ini Sudah Puluhan Anak Tewas di Lubang Tambang

0
32 views

Wartawan: RIEL
Editor: BS

Penasatu.com, Balikpapan – Sampai hari ini atau detik ini, lubang-lubang bekas galian pertambangan batubara di bumi Etam Kaltim sudah menewaskan 32 orang anak. Ini memang ironis bagi Kaltim.


Hal ini diungkapkan Heri dari Stabil disela sesi tanya jawab Workshop yang digelar Direktorat Jendral Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Hotel Blue Sky, Sabtu (6/4).


Workshop Pengelolaan Lingkungan Pertambangan Batubara itu dihadiri oleh beberapa unsur lapisan masyarakat diantaranya Himpunan Mahasiswa Balikpapan, Karang Taruna, LPM dan Forum Komunikasi Keamanan Masyarakat Kota Balikpapan serta beberapa awak media.


Acara yang dihadiri narasumber seperti Ihkwan Datu Adam, Agus Laksito (Aktivis Lingkungan) dan Sulistiyowati dari Dirjend Akses Lahan Terbuka dan Lingkungan) dan beberapa Ormas yang ada di Balikpapan.


Kegiatan whorkshop yang berlangsung guna membahas marak nya pertambangan yg ada di Kaltim, baik penambang yang memiliki izin tambang bahkan penambang yang tidak memiliki izin serta dampak kerusakan yang timbul baik dari segi lingkungan serta rusaknya ekosistem yang ada di Kaltim akibat penambangan.

Disamping itu, ada beberapa sorotan dari kegiatan workshop tersebut diantaranya pemberdayaan pekerja lokal yg saat ini tengah diperjuangkan untuk dapat bekerja di salah satu mega proyek perluasan kilang Balikpapan, sulitnya mendapatkan gas elpiji 3 kg di Balikpapan, serta banyaknya tambang-tambang ilegal di Kaltim yang kian menjamur.

Tambang-tambang ilegal itu yang kemudian mewariskan lubang-lubang yang sudah memakan puluhan korban.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here