RT.33 Perum BDSII Wakili Kec Balikpapan Selatan di Lomba PHBS dan LBS tingkat Kota Balikpapan

0
184

Penasatu.com, Balikpapan – Lomba PHBS (Prilkaku Hidup Bersih dan Sehat) yang digabungkan dengan LBS ( Lingkungan Bersih dan Sehat ) 2020 tingkat Kota Balikpapan. Kali ini Kecamatan Balikpapan Selatan di wakili Kelurahan Sungainangka dan dilakaanakan di lingkungan RT 33 Perumahan Bukit Damai Sentosa (BDS) II.

Pelaksanaan acara dipusatkan dan di laksanakan di Aula Merpati Pos Yandu Mutiara Hati, Jalan Merpati, Blok S, Perum BDS II, RT 033, Kamis (5/3/20).

Hadir langsung Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga ( TP PKK) Kota Balikpapan Arita Rizal Effendi yang tak lain Istri Walikota Balikpapan Rizal Effendi, Camat Balikpapan Selatan M.Idris, Lurah Sungainangka Sanrang, Ketua RT se BDS II, para juri lomba, undangan dan warga sekitar.

Pada media ini, Ketua TP PKK Kota Balikpapan menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi kepada Warga Masyarakat Perum BDS II yang sangat kompak dan antusias sekali dengan digelarnya program ini.

“Alhamdulillah, pertama semangat warga sangat tinggi. Kedua, kekompakan masyarakat dalam menyambut acara PHBS dan LBS dalam rangka prilaku hidup sehat dan lingkungan bersih patut diapresiasi. Ketiga, beragam inovasi dari warga, ini menunjukan bahwa warga BDS II mempunyai daya kreatifitas dan inovasi yang sangat tinggi, ini yang harus dijaga,” ujar Arita.

Tentu saya akan terus memdoakan agar setelah hari ini, selesai acara ini warga BDS II tetap terus melaksanakan perilaku hidup sehat dan lingkungan bersih baik melalui diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar, tutupnya.

Adapun 12 indikator penilaian untuk PHBS, seperti, Persalinanan ditolong oleh tenaga kesehatan, 2. Memberi ASI eksklusif, 3. Menimbang bayi dan balita, 4.Menggunakan air bersih, 5.Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, 6.Menggunakan jamban sehat, 7.Membwrantas jentik di rumah, 8. Makan buah dan sayur, 9.Melakukan aktifitas fisik setiap hari, 10.Tidak merokok di dalam rumah, 11.Menggosok gigi dan periksa gigi, 12.Bebas NAFZA.

Adapun untuk LBS mempunyai 9 indikator yaitu, 1. Berjendela, 2.Lubang asap, 3.Lantai, 4.Kandang, 5.Spal, 6.Tempat sampah, 7.Jamban, 8.Air, 9.Jentik.

Sedangkan juri yang menilai dalam lomba kali ini berasal dari beberapa istansi terkait, seperti tim DLH (Dinas Lingkungan Hidup), Tim Dinas Kesehatan, Tim DP3AKB ( Dinas Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak Keluarga Berencana) Kota Balikpapan dan Tim Pokja 4 PKK Kota Balikpapan.*

wartawan : eddybpn.

Editor : penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here