Resmikan Bank Darah, Rizal : Diharapkan Mampu Menyuplai Kebutuhan Darah di PMI Balikpapan

0
11 views

Balikpapan, Penasatu.com – Walikota Balikpapan HM Rizal Effendi menghadiri peresmian Bank Darah yang berada di Rumah Sakit Medika Manggar, Jum’at (16/7/2021).

Rizal yang hadir didampingi Kepala DKK dr Andi Sri Juliarty, Ketua PMI Balikpapan drg Dyah Muryani serta direktur RS Medika Manggar Muhammad Abdu menyampaikan, jika dirinya sangat mengapresiasi RS Medika Manggar yang kini telah dilengkapi fasilitas bank darah.

Dirinya berharap, kedepan RS Medika Manggar mampu membantu kebutuhan darah yang ada di PMI Balikpapan.

Pasalnya, melihat letak keberadaannya di Balikpapan Timur, tentu banyak potensi masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya.

“Kita harapkan, RS Medika Manggar mampu menyuplai kebutuhan darah ke PMI Balikpapan, jika stok ketersediaan darah di PMI menipis,” ucap Rizal.

Selain itu, Rizal juga mengharapkan jika RS Medika Manggar nantinya mampu bekerjasama dengan kesatuan TNI yang ada di wilayah Timur untuk menjadi pendonor aktif.

“Disini kan ada markas TNI, berharapnya RS Medika Manggar bisa menjalin kerjasama untuk menjadi pendonor aktif..ya biasanya kita minta 10 orang pendonor, tapi yang datang bisa sampai 100 orang,” ucapnya.

Selain TNI, Rizal menilai jika dikawasan Baltim banyak perusahaan-perusahaan, sehingga bisa dilakukan kerjasama untuk menjadi pendonor aktif. Sehingga, dapat menyuplai kebutuhan darah yang ada di PMI Balikpapan kedepannya.

“Disini kan banyak perusahaan-perusahaan, diharapkan karyawannya ada yang mau menjadi pendonor aktif, sehingga bisa membantu ketersedian stok darah di PMI,” tutupnya.

Sementara itu, Muhammad Abdu menuturkan jika ketersedian darah di Balikpapan sangat dibutuhan, terlebih dalam hal pelayanan kesehatan seperti operasi.

“Konsep kami disini yang utama yakni penyediaan operasi, dilihat dari beberapa kasus sangat memerlukan darah,” ucapnya.

Muhammad Abdu menambahkan, dalam pelayanan kesehatan kebutuhan darah bukan hanya untuk operasi saja, akan tetapi untuk pelayanan penyakit kronis juga membutuhkan darah.(*)

Wartawan : Riel Bagas
Editor : Penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here