Pramuka Bisa Jadi Garda Terdepan Saat Pandemi, Rusmadi: Sesuai Pengamalan Dasa Dharma Pramuka

0
23 views

foto, Ketua Kwarcab Pramuka kota Samarinda, Dr.H.Rusmadi saat beri sambutan di SMP Aminah Sukur ( Kominfo kota Samarinda)

Samarinda, Pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) sudah hampir dua tahun menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat. Semua aktivitas masyarakat dibuat menjadi tersendat baik, Sosial ekonomi, pendidikan maupun aktivitas kerohanian. Keadaan ini juga memaksa menurunnya kegiatan Kepramukaan di kota Samarinda.

Namun dengan gencarnya imbauan pemerintah untuk mematuhi protokol kesehatan dengan 5 M dan mulai dimaksimalkannya kegiatan vaksinasi massal membuat penyebaran covid-19 mulai melandai. Ini terbukti sekarang kota Samarinda sudah berada di level 2 dalam pelaksanaan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). Sehingga wajar saja bila Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka kota Samarinda, Dr.H.Rusmadi saat ini meminta agar kegiatan kepramukaan di kota Samarinda bisa ditingkatkan lagi.

“Saya minta kepada Kwarran (Kwartir Ranting, Red), lewat Mabiran (Majelis Pembimbing Ranting) untuk mulai menggairahkan Kepramukaan,” ujar Rusmadi saat menyampaikan sambutan dalam kunjungan Kwarcab di Kwarran Samarinda Kota, tepatnya di SMP Aminah Syukur, Jalan KH Ahmad Dahlan, Samarinda, Minggu (3/10/2021) sore.

Dirinya menyampaikan, anggota Pramuka sejatinya memiliki jiwa disiplin, sehingga sudah seharusnya untuk patuh terhadap protokol kesehatan (prokes) Covid-19. “Karakter Pramuka itu disiplin. Jadi tentu disiplin mengenakan masker,” tegasnya.

Lanjut Rusmadi, keberadaan Pramuka justru diperlukan saat pandemi Covid-19 ini. Karena selain disiplin, anggota Pramuka juga memiliki sifat rela menolong dan tabah.

“Ini sesuai pengamalan Dasa Dharma Pramuka. Jadi, sayang kalau Pramuka ini tidak dioptimalkan. Saya minta camat dan lurah untuk mendukung kegiatan Kepramukaan,” harap Wakil Wali Kota Samarinda ini.

Rusmadi menegaskan, Pramuka harus berada di garda terdepan untuk membantu masyarakat. Caranya antara lain, melalui pembentukan Unit Pramuka Peduli. “Semua kecamatan akan kita berikan pelatihan khusus untuk Pramuka Peduli,” tukasnya. (*/HER/KMF-SMD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here