Nasdem Buka Pendaftaran Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota “Tanpa Mahar”

0
167

Penasatu.com, Balikpapan – DPD Partai Nasdem ( Nasional Demokrat )Kota Balikpapan membuka pendaftaran bagi Bakal Calon (Balon) Walikota atau Wakil Walikota Balikpapan 2020-2025.

Ini diungkapkan Rizal Effendi selaku Ketua DPD Partai Nasdem Kota Balikpapan didampingi Sekjen Lahuil Mahfud, Maulidin Ketua Penjaringan dan Bapilu serta pengurus DPC Partai Nasdem, saat jumpa pers, Senin (23/9/2019) di Balikpapan.

Pendaftaran dibuka secara terbuka untuk umum dan semua kader Partai, selama satu bulan dimulai hari ini, 23 September hingga 23 Oktober 2019 mendatang dan tanpa mahar, ujar Rizal Effendi.

“Untuk itu struktur dan kader Partai Nasdem dilarang memungut atau menerima mahar dalam bentuk apapun, ini intruksi ketua Umum Partai Nasdem Bapak Surya Paloh, ” tegas Rizal.

Namun ada kewajiban bagi balon dalam mendaftarkan dirinya, yaitu berumur minimal 25 tahun dan menyertakan hasil survey dari salah satu lembaga survey yang direkomendasikan DPP Partai Nasdem seperti, Survey Indikator, Charta Politik, Polltracking, Indoriset konsultan, JSI, Pusdeham, Reseach center media group dan Indekstat untuk selebihnya syarat umum formal seperti, berbadan sehat, tidak cacat hukum dan mengundurkan diri apabila yang bersangkutan anggota ASN ataupun pejabat BUNM atau anggota DPRD bila nanti ditetapkan sebagai Calon, imbuhnya.

Untuk biaya dan pemilihan lembaga survey diserahkan kepada calon atau kandidat, terang Rizal.

Dijelaskannya, bahwa penyertaan lembaga survey ini bukan untuk menyulitkan balon namun untuk membantu bagaimana mengetahui elerktabilatas balon dalam berkontestasi di pilwali mendatang. Hasil survey Ini juga bukan mutlak segalanya, setidaknya kandidat akan tau gambaran dirinya untuk maju, beber Rizal lagi.

Disimgsung tentang, kader potensial Nasdem Ahmad Basir yang sudah sangat percaya diri untuk maju, apakah juga harus mendaftar.

Ya, semua harus mengikuti prosedur dan mendaftar, termasuk Ahmad Basir. Namun untuk keputusan penetapan calon, kita tunggu dari DPP, pungkas Rizal.

Sementara Lauhil,Sekjen DPD Nasdem menambahkan, untuk yang berminat silahkan datang dengan mengambil formulir pendaftaran di Sekretriat DPD Partai Nasdem Balikpapan, Komplek Balikpapan Baru Sentra Eropa Blok CA 15-16.*

Wartawan : eds.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here