Narkoba Meningkat, Sasarannya Pelajar dan Remaja

0
29 views

Capt M Hatta Umar S.Sos anggota DPRD Kota Balikpapan

PENASATU.COM, BALIKPAPAN – Pelajar dan remaja menjadi sasaran utama pengedaran Narkotika dan Obat-obatan Terlarang (Narkoba). Berdasarkan rilis akhir tahun Kepolisian Resort Kota Balikpapan, peredaran narkoba di tahun 2019 terus meningkat.

Hal tersebut didasari banyaknya pengedar, bahkan pemakai yang tertangkap oleh pihak kepolisian.

Tentunya ini menjadi perhatian serius bagi Pemerintah Daerah (Pemda) mengingat sasaran utama bagi pengedar narkoba paling banyak di kalangn pelajar dan remaja.

Saat ini trend peredaran narkoba tak hanya terjadi di lingkungan masyarakat, akan tetapi terjadi di lingkungan sekolah yang terindikasi mengonsumsi obat terlarang, mulai jenis lem sampai sabu-sabu.

Fenomena tersebut mendapat perhatian salah satu anggota Komisi 4 DPRD Balikpapan Capt M Hatta Umar S.Sos di ruang kerjanya, kemarin.

“Sebaiknya ada tindakan tegas bagi para pelaku pengguna narkoba, siapaun tanpa terkecuali,” kata Hatta Umar.

Pencegahan penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar, sebaiknya dapat dicegah dengan melakukan tes urine, mulai dari pelajar yang ingin masuk ke jenjang Sekolah Dasar (SD) bahkan sampai Sekolah Menengah Atas (SMA).

Komisi IV yang kebetulan membidangi pendidikan, saat ini tengah mencari solusi agar peredaran narkoba di kalangan pelajar dapat diminimalisir bahkan sampai tidak ada lagi pelajar yang menggunakan narkoba.

“Bisa juga dengan berbagai kegiatan-kegiatan yang bersifat positif untuk ditanamkan kepada setiap pelajar agar membentuk moral dan karakter diri yang baik, sehingga dimanapun bergaul tidak dengan mudahya terpengaruh oleh hal-hal negatif.”

“Komisi IV akan terus berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan agar dapat bersama-sama memerangin peredaran narkoba di kalangan pelajar,” tegas Hatta Umar.

“Tentu hal tersebut bukan menjadi tugas pemerintah dan pihak kepolisian dalam memerangi narkoba. Namun semua itu perlu peran dari orang tua untuk mengawasi putra-putri mereka dalam pergaulan di lingkungan masyarakat,” tutup Umar Hatta.*

Wartawan: Riel Bagas
Editor: BS/Penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here