Muhaimin : Guru dan Siswa Diberi Kuota Internet

0
10 views

Muhaimin, MT Kadisdikbud kota Balikpapan

PENASATU.COM, BALIKPAPAN – Kementerian Pendidikan dan Kebudayan (Kemendikbud) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disidikbud) Kota Balikpapan memberikan kuota 20 Giga Byte (GB), setelah diterbitkannya Peraturan Sekretaris Jenderal Nomor 14 Tahun 2020, tentang Petunjuk Teknis Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2020.

Pemberian kuota mengacu pada Petunjuk teknis (juknis) yang menjadi pedoman dalam penyaluran bantuan kuota data internet bagi pendidik dan peserta didik sehingga dapat mendukung penerapan pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi COVID-19.

“Subsidi kuota internet akan diberikan kepada tenaga pendidik (Guru) dan Siswa/Siswi ditingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD),” jelas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Balikpapan Muhaimin MT.

Pemberian kuota internet untuk PAUD sepanjang guru dan murid tersebut terdaftar di Data Pokok Kependidikan (Dapodik), kemudian lembaga PAUD tersebut terdaftar dan memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).

Maka sekolah tersebut berhak mengajukan permohonan bantuan kuota internet ke Kemendikbud.

Kuota internet yang diberikan sudah dibackup oleh provider masing-masing di mana untuk kuota umumnya terdapat 5 GB, sedangkan kuota belajarnya sebesar 15 GB.

“Kuota internet yang diterima sudah di backup, jadi ketika kuota utamanya habis maka sisa kuota belajarnya saja,” tambahnya. “Semua sudah dibackup oleh provider masing-masing sesuai dengan nomor telepon saat pengajuan bantuan kuota internet.”

Kuota yang dikeluarkan oleh Kemendikbud berlaku untuk seluruh Indonesia, dan diberikan kepada Guru dan Murid, mulai dari tingkat Paud hingga ketingkat Perguruan Tinggi.

“Jadi semuanya langsung anggaran dari Kemendikbud, untuk daerah tidak ada, hanya saja Pemerintah Kota (Pemkot) baru-baru ini memberikan subsidi SPP bagi seluruh sekolah baik SD dan SMP Swasta yang ada di Balikpapan,” tegas Kadisdikbud Kota Balikpapan yang sudah menerbitkan sebuah buku karyanya berjudul; Nakhoda Terpercaya.*

Wartawan : Riel Bagas
Editor : Penasatu.com/HTBS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here