Masuk Sebagai Kandidat Tuan Rumah Porprov Kaltim 2026 Bersama Kabupaten Paser, Ini kata Ketua KONI Kubar

0
451

foto, Ketua KONI Kubar, Stefanus Ujung.(dok,kominfo Kubar)

Sendawar, Kabupaten Kutai Barat menjadi salah satu kandidat dalam pencalonan sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Timur. Kandidat pencalonan Porprov ini diketahui saat dipresentasikan pada agenda musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) Komite Olahraga Nasional Indonesia Kalimantan Timur (KONI Kaltim) yang digelar beberapa hari lalu di Samarinda.

Saat Musorprov di Samarinda ada dua kandidat kabupaten/kota yang masuk dalam pencalonan Tian rumah Pekan Olahraga Provinsi Tahun 2026 mendatang. Dan Kutai Barat salah satunya, bahkan Kubar mendapatkan perolehan suara terbanyak dengan 27 suara.

Dikutip dari kutaibaratkab.go.id, Minggu (6/3/22) di jelaskan Ketua KONI Kubar, Stefanus Ujung. Dirinya mengatakan, saat mengikuti pelaksanaan Musorprov pemilihan Ketua KONI Kaltim periode 2022- 2026 yang diikuti 10 kabupaten/kota se Kaltim termasuk Kubar dan menempatkan Rusdiansyah Aras sebagai ketua KONI Kaltim secara aklamasi. Dan dalam agenda tersebut juga dibahas terkait tuan rumah pelaksanaan Porprov 2026.

” Selain memilih Ketua KONI Kaltim periode 2022-2026 kegiatan juga membahas tuan rumah Porprov Tahun 2026 mendatang. Dimana Kutai Barat juga ikut mempresentasikan sebagai calon tuan rumah Porprov Tahun 2026 tersebut,” ujar Stefanus Ujung, Kamis (3/3/2022) lalu.

lanjut Stefanus, dalam pencalonan sebagai tuang rumah Porprov ada tiga kabupaten yang menawarkan diri menjadi tuan rumah Porprov 2026, yaitu Kabupaten Paser, Penajam Paser Utara dan Kutai Barat.

Setelah tiga calon mempresentasikan daerahnya, kemudian dilanjutkan dengan pemungutan suara (voting). Kemudian didapat dua kabupaten yang nantinya diusulkan untuk menjadi tuan rumah Porprov 2026 mendatang, yaitu Kabupaten Paser dan Kutai Barat. Yang mana saat voting, Kabupaten Paser memperoleh suara terbanyak yaitu 35 suara, disusul Kubar 27 suara dan PPU mendapatkan 6 suara.

Selanjutnya dua kabupaten tertinggi akan mengikuti tahapan selanjutnya. Dan akan diseleksi oleh Tim penjaringan dan penyaringan calon tuan rumah Porprov yang akan dirapatkan oleh KONI Kaltim serta dikonsultasikan dengan Gubernur Kaltim yang nantinya diumumkan pada saat sebelum penyelenggaraan Porprov di Kabupaten Berau, November Tahun 2022 ini.

“Ini adalah kesempatan bagi kedua kabupaten baik Paser dan Kubar untuk menjadi tiang rumah. Tentunya kita sangat berharap Kubar bisa menjadi tuan rumah Porprov Tahun 2026 mendatang. Sebab kita sudah ada beberapa venue yang sudah siap pakai. Walaupun nanti akan ada lagi venue veneu lain yang akan kita bangun,” ungkap Stefanus menyakinkan. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here