Maraknya Anjal di Balikpapan, Hasanuddin Minta Dinas Terkait Tingkatkan Pengawasan

0
191

Coto, Hasanuddin Anggota Komisi IV DPRD Balikpapan.

Balikpapan, Penasatu.com – Maraknya Anak Jalanan (Anjal), Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dan Pengamen di kota Balikpapan mendapat sorotan dari Hassanudin Politisi PKS selaku Anggota Komisi IV DPRD Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim).

Diruang kerjanya, Senin (12/9/2022). Ia mengatakan seharusnya dinas terkait seperti Satpol PP dan Dinas Sosial dapat mengantisipasi maraknya Anjal di kota Balikpapan.

Hassanudin menduga maraknya Anjal di Balikpapan ada yang mengkoordinir atau mereka memanfaatkan adanya Ibu Kota Negara (IKN) di Kaltim, sehingga mereka memilih Balikpapan sebagai tempat baru untuk memperoleh peruntungan.

“Ya..pastinya masyarakat agak sedikit terganggu dengan keberadaan mereka di setiap sudut kota Balikpapan,” katanya.

Ia menambahkan, keberadaan pengemis, pengamen dan anak jalanan ini pastinya juga mengganggu citra kota Balikpapan yang dikenal sebagai Kota Layak Huni.

“Seharusnya keberadaan mereka harus ditertibkan oleh dinas terkait. Jadi jangan melihatnya di jam-jam kerja saja, melainkan dihari libur pun keberadaan mereka harus ditertibkan,” ucapnya.

Hassanudin juga meminta agar dinas terkait bisa melakukan pengawasan dititik masuknya pendatang ke kota Balikpapan, baik dari Laut, Darat maupun Udara. Pasalnya jika pendatang yang masuk ke Balikpapan tanpa tujuan yang jelas, sehingga mengambil jalan pintas agar mereka bisa memperoleh penghasilan dengan cepat.

“Kalau masalah anjal ini setiap daerah pasti ada, tapi yang kita inginkan jangan sampai dengan adanya peluang disini (Balikpapan), mereka hijrah kesini,” ujarnya.

“Perlu dilakukan pengawasan masuknya pendatang ke Balikpapan. Dan Pemkot harus bisa mengantisipasi ini semua, jangan sampai Balikpapan menjadi surga bagi mereka untuk mencoba peruntungan dengan mengemis ataupun mengamen” pungkasnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here