Kukuhkan Bunda PAUD, Ketua PKK Manggarai : Ciptakan SDM yang Unggul dan Handal

0
7 views

Saat pengukuhan Bunda Paud Kecamatan se Kabupaten Manggarai

Penasatu.com.Manggarai-NTT. Pjs. Ketua TP. PKK Kabupaten Manggarai, Lisa Sebayang, SE, mengukuhkan Bunda PAUD Kecamatan seKabupaten Manggarai bertempat di Aula Ranaka Kantor Bupati Manggarai.
Senin,26/10/2020, pukul 10.00 wita,

Pasalnya Bunda PAUD dibentuk dalam rangka mendorong kesadaran dan partisipasi serta menghadirkan layanan PAUD yang berkualitas mulai dari tingkat nasional, provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa maupun kelurahan.

Dalam sambutannya, Pjs. KetuaTP. PKK mengajak semua pihak untuk turut ambil bagian dalam pembangunan sumber daya manusia.

“Untuk mewujudkan sumber daya manusia yang handal, maka perlu kerjasama dan kolaborasi dari berbagai elemen di daerah ini baik itu pemerintah daerah, masyarakat, dunia usaha, dunia pendidikan, dan organisasi”, tutur Lisa.

TP. PKK sebagai salah satu organisasi yang menjadi mitra pemerintah memiliki program kerja bernama Kegiatan PAUD Holistik Integratif (PAUD HI).

“Kegiatan PAUD tidak hanya pendidikan saja melainkan juga bidang kesehatan, dikti, perawatan, pengasuhan, perlindungan, dan kesejahteraan”, ungkapnya.

Untuk menjalankan serta mensosialisasikan PAUD HI, maka dibentuklah Bunda PAUD.

“Bunda PAUD memiliki peranan yang sangat penting serta memiliki tanggung jawab yang besar untuk mewujudkan generasi unggul di tingkat kecamatan maupun desa”, ujar Lisa

Bunda PAUD sebagai salah satu profesi sukarela yang berlandaskan pada cinta dan kasih sayang diharapkan dapat menjadi lokomotif yang bisa menggerakkan serta mampu membangun komunikasi dengan semua pemangku kepentingan serta seluruh kaum ibu di wilayahnya masing-masing untuk mengembangkan layanan PAUD yang optimal dan berdaya saing.

Pjs. Bupati Manggarai, Dr. Drs. Zeth Libing, M. Si, dalam sambutannya mengatakan bahwa untuk menjawabi tuntutan perubahan jaman akan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing membutuhkan upaya, keterlibatan semua pihak dan didukung perencanaan yang matang.

“Perkembangan jaman saat ini, orang bisa berhasil atau tidak tergantung bagaimana kita mendesain anak-anak kita. Bagaimana caranya? Kita mendesainnya dari sejak ia berada dalam kandungan ibu. Dikontrol kesehatannya, diberi asupan gizi dan seterusnya”, tutur Pjs. Bupati Zeth.

Demikian juga saat anak tersebut telah dilahirkan dan saat memasuki masa tumbuh kembangnya.

“Dari gizinya, dari pendidikannya, sampai ia menjadi anak yang cerdas, punya personaliti yang bagus, punya karakter yang baik, serta memiliki tubuh yang sehat. Dan karena itulah, ia akan menjadi anak yang laku di pasaran. Ia menjadi anak yang mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman. Ia menjadi anak yang mampu menjawab tantangan-tantangan jaman”, lanjutnya.

Pjs. Bupati Zeth berharap agar Bunda PAUD yang telah dikukuhkan hari ini sungguh berperan aktif dengan melibatkan semua pihak di wilayahnya masing-masing guna memaksimalkan pencapaian tumbuh kembang anak melalui lembaga PAUD sehingga kelak akan menjadi modal pembangunan bangsa yang berdaya saing tinggi.

Reporter : Yhono Hande.

Editor : penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here