KPU Kota Balikpapan Beri Pembekalan PPK dan PPS Melalui Bimtek

0
49

Noor Thoha Ketua KPU Balikpapan

PENASATU.COM, BALIKPAPAN – Selama dua hari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) di Hotel Horison Sagita, Balikpapan Kota (Balkot), Sabtu dan Minggu, 4-5 Juli 2020.

Pelaksanaan bimtek dihadiri seluruh anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Kegiatan bimtek sebagai pembekalan bagi PPK dan PPS yang nantinya setelah pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP),” jelas Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha.

Petugas PPK dan PPS selanjutnya akan memberikan pembekalan bagi petugas PPDP tentang pemutakhiran data.

Thoha menambahkan jika anggota PPK dan PPS tidak dibekali dengan materi pemutakhiran, pastinya tidak akan bisa menyampaikan materi ke petugas PPDP.

Selain itu anggota PPK dan PPS yang sudah dibekali tentang pemutakhiran data harus juga memiliki kemampuan untuk menyampaikan pengetahuan yang sudah diberikan oleh KPU.

Selama menjalani bimtek anggota PPK dan PPS diberikan materi diantaranya tentang bagaimana mendatangi rumah-rumah penduduk yang memiliki hak pilih untuk memastikan apakah warga tersebut masih memenuhi syarat sebagai pemilih atau tidak.

Petugas pemutakhiran akan dibekali formulir jenis A yang merupakan isi pemilih (daftar pemilih), dari daftar pemilih itulah nantinya di cocokan dengan data warga yang dikunjungi, jika cocok dan sesuai, maka diberikan centang.

“Jika ada data yang tidak cocok maka harus dicoret, misalkan warga tersebut sudah meninggal dunia, atau menjadi TNI/Polri, maka harus di coret,” urainya.

Jadi tugas seorang PPDP nantinya mencocokan, memperbaiki kesalahan baik umur, jenis kelamin, serta mencoret dan menginput data.*

Wartawan: Riel Bagas
Editor: HTBS/penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here