Komisi III Tinjau Kawasan Rawan Longsor Jalan Banjar

0
154

Ali Munsjir, Sekretaris Komisi III DPRD Balikpapan

PENASATU.COM, BALIKPAPAN – Komisi III DPRD Kota Balikpapan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) kesejumlah kawasan di Kota Balikpapan, Selasa (10/12/2019) dan salah satunya di kawasan Jln. Banjar, Gunung Sari Ilir RT. 09 merupakan tindak lanjut atas laporan warga terkait longsor.

“Longsor itu harus mendapatkan penanganan secepatnya, baik dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan maupun Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Balikpapan dan Kecamatan,” kata Ali Munsjir, Sekretaris Komisi III yang memimpin sidak bersama anggota lainnya.

Munsjir memberikan masukan kepada pihak kecamatan, agar kawasan yang longsor tersebut ditanam pohon bambu, tapi itu bersifat penanganan sementara.
Untuk penanggulangan jangka panjangnya, Munsjir menambahkan agar dilakukan penyiringan, baik itu siring batu atau siring dari kayu.

“Saat ini diperlukan penanganan yang sifatnya urgent, dimana ada rumah warga yang peghuninya harus segera dipindahkan dan dikosongkan. Karena saat ini cuaca di Kota Balikpapan tidak bisa diprediksi kapan hujan dan kapan terjadinya longsor, jika pas terjadinya longsor ada orang di dalam rumah tersebut, maka akan menjadi bencana dan memakan korban jiwa pastinya,” tuturnya.

Pastinya antisipasi yang dilakukan tersebut guna meminimalisir kemungkinan terjadinya bencana dan memakan korban jiwa, jika korban materil masih bisa ditolerir.

Lagi pula, kejadian longsor di kawasan tersebut sudah sering terjadi sejak tiga tahun yang lalu, dan hingga saat ini belum ada penanganan yang pasti dari pemerintah kota.

Selain itu juga, dikawasan longsor tersebut saluran tali airnya harus segera diperbaiki, karena yang menyebabkan longsor di kawasan perbukitan paling banyak disebabkan karena kurang berfungsi dengan baiknya tali air.*

Wartawan: Riel Bagas
Editor: BS/Penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here