Kelompok Tani Reok Budidayakan Tanaman Porang Perdana di Lahan Seluas 3,5 Hektar.

0
19 views

Penasatu.com.Manggarai-NTT.Sejumlah petani di Kabupaten Manggarai mulai menggeluti budidaya tanaman porang yang akhir-akhir ini tengah trend terutama di wilayah Kecamatan Reok Barat Kabupaten Manggarai, Selasa, 01/12/2020.

Petani yang tergabung dalam kelompok tani Kajong 2 melaksanakan tanam perdana di daerah Ngapur Desa Kajong Kecamatan Reok Barat Kabupaten Manggarai dengan luas lahan 3,5 Hektar

Kepada Wartawan Kepala Dinas Kabupaten Manggarai Yoseph Mantara menyampaikan Penanaman Porang Pada dasarnya pemerintah dalam hal ini Dinas Pertanian terus mendorong para petani untuk terus membudidayakan porang atau dalam bahasa daerah Wanga.

Kita lihat banyak lahan yang bisa digunakan untuk menanam porang misalnya di bawah pohon kemiri itu bisa diguna oleh petani sebagai penghasilan tambahan apalagi kita ketahui bersama porang ini sudah diekspor juga harganya sangat menjanji maka dari itu kita terus mendorong petani didaerah ini untuk memanfaatkan lahan untuk menanam porang, nanti dari dinas kedepan akan menyediakan biji katak.”Kata Yoseph.

Apa lagi kita kata dia, melihat yang Kajong yang luas sehingga nanti ada kelompok yng bisa menjadi penangkar sehingga kedepan kita bisa menghasilkan biji katak, umbi atau spora untuk di kembang ke daerah lain dan itu tentunya ada upaya untuk mendaftarkan ke kementerian pertanian kemudian nanti dari dinas pun bisa membeli bibit-bibit untuk kemudian dibagikan daerah lain.

Lanjut dia, Kedepan juga kita akan memberikan pupuk dan kalau ada lahan yang belum di kita dorong untuk diolah.

Harapan dengan porang di daerah ini bisa membantu perekonomian masyarakat tanpa meninggalkan pekerjaan yang lain.”Tuturnya.

Sementara Camat Reok Barat Quintus Nang menyampaikan Sangat bangga dan senang karena menurut saya budidaya porang ini sangat membantu perekonomian masyarakat reok barat apalagi proses budidaya porang ini tidak sulit harapan dengan budidaya porang ini bisa membawa perekonomian di Reok Barat akan lebih baik lagi.

Nang melanjutkan, Kedepan saya sebagai camat reok barat akan selalu mengkampanyekan kedapa masyarakat Reok Barat untuk membudidayakan porang.”Ungkapnya.

Hal senada juga di sampaikan Ketua Kelompok Kajong 2 Frerumentius G. Henong pihaknya sangat bangga atas turunnya program dari Dinas Pertanian Kabupaten Manggarai untuk membudidayakan porang di Kajong apalagi hari ini Kepala Dinas turun berserta jajarannya langsung turun ke lokasi hari ini untuk melakukan penanaman secara simbolis.

Frerementius juga menuturkan untuk luas lahan kami saat ini 3,5 Hektar dan bibit porang yang kami sudah tanam sebanyak 392 Kg dan harapanya kami, agar Dinas terus mendukung kegiatan kami ini.”Tutupnya.

Diketahui penanaman porang secara simbolis dilakukan oleh Kepala Dinas Kabupaten Manggarai Yoseph Mantara di dampingi Camat Reok Barat Quintus Nang, Kelompok Tani Kajong 2 Frerumentius G. Henong, PPL, POPT Kecamatan Reo Barat, Babinsa Kecamatan Reok Barat dan Anggota Kelompok lainnya,

Laporan : Yhono Hande

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here