Kebakaran Kilang, Dewan Pertanyakan Apakah Pertamina Menerapkan SOP Atau Tidak ?

0
66

foto, Parlindungan anggota Komisi IV DPRD Balikpapan.

Balikpapan, penasatu.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Komisi IV Balikpapan juga angkat bicara mengenai Kilang Pertamina Balikpapan yang kembali terbakar pada Minggu (15/5/2022) lalu.

Seperti diketahui akibat insiden tersebut, dikabarkan 1 orang pekerja kontraktor tewas, dalam insiden tersebut.

Anggota Komisi IV DPRD Balikpapan, Parlindungan Sihotang mengatakan pihaknya berencana akan akan mendiskusikan lebih lanjut bersama anggota komisi IV lainnya apakah nanti rencanakan sidak ke sana atau tidak.

” Tapi secara umum ini sudah kejadian kesekian kali, di kilang Pertamina Balikpapan, karena saya di komisi IV, saya ingin mempertanyakan kembali penerapan dan sistem kerja SOP mereka seperti apa,” ujarnya Senin (16/5).

Dia berharap dengan dilaksanakannya sidak paling tidak, pihaknya bisa melihat secara langsung apakah sudah sesuai dengan SOP yang ada, atau ada kelalain dalam pengawasan SOP.

“Kemudian yang kedua, pekerja yang ada di sana apakah mereka di berifing sebelum bekerja. Kami ingin tau standar safety mereka. Karena Pertamina inikan pekerjaan dengan resiko tinggi. Jadi safety diutamakan. Kemudian pengawasan untuk peralatan kerja yang ada disana. Apakah ada audit. Mungkin nanti hal itu kami sampaikan kepada Pertamina,” jelasnya.

Dia terangkan, kalau tak berhalangan, besok pihaknya berencana akan diskusi kembali apakah pihaknya bisa langsung sidak atau tidak.

Meski demikian, dirinyaSebagai anggota dewan turut perihatin dengan adanya pekerja yang meninggal dunia atas musibah yang terjadi di Pertamina.

“Pertamina kami minta agar melakukan audit secara keseluruhan karena sudah terjadi yang kesekian kali. Baik dari sisi standar kerja, safety dan oprsiaonalnya. Agar tidak kerjadian seperti ini,” pungkasnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here