Kardi : Jadikan Pilkada 2020, Damai Sejuk dan Bermartabat

0
3 views

Penasatu.com, Balikpapan – Geliat Pilkada serentak  2020 di sejumlah daerah, mulai terasa. Namun potensi terjadinya rawan konflik harus diwaspadai dan diantisipasi, mengingat masih seringnya provokasi secara masif melalui media sosial.

Sekretaris Jenderal DPP Partai Nusantara, Kardi MH Siringoringo mengatakan, potensi rawan konflik tersebut bisa diantisipasi dan dieliminir, dengan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam menciptakan pilkada yang sejuk, damai dan bermartabat.

Sebab, kata dia, dengan menciptakan Pilkada yang damai, sejuk dan bermartabat, merupakan cermin kematangan dalam demokrasi.

“ Jika kita merujuk pada kultur dan budaya kita, bangsa kita ini adalah bangsa yang menghormati perbedaan, dan mampu membingkai perbedaan itu menjadi sesuatu yang indah, termasuk dalam soal pilihan politik. Cuma masalahnya sekarang, kita ini sedang bergulat di era global, dimana kebebasan berpendapat itu hal yang biasa, termasuk berpendapat di media sosial,” kata Kardi kepada media penasatu 30 November 2020.

Kardi berujar, dalam mengelola perbedaan pilihan politik, utamanya kepada generasi muda , memperkokoh eksistensi budaya harus lebih diperkuat kembali, sehingga kita memiliki cara pandang yang luas, bahwa perbedaan itu adalah keindahan.

Dengan demikian, terang dia, kita tidak akan mudah terjebak dengan politik partisan, sehingga membabi buta dalam membela calon pilihannya.

“ Ini yang harus kita sosialisasikan saat ini. Kita perkuat kembali eksistensi budaya kita, sehingga kita  mampu mengelola perbedaan sikap politik dengan pendekatan budaya. Masyarakat harus melalukan filter melalui literasi media.  Hanya melalui literasi media inilah masyarakat akan menjadi cerdas dalam mensikapi setiap informasi yang ada, termasuk isu-isu politik dalam Pilkada ini  yang sengaja digulirkan untuk saling menjatuhkan,”  ujarnya.

“ Pilkada ini, harus menjadi momentum untuk melahirkan pemimpin yang dicintai rakyatnya. Pemimpin yang bertanggung jawab dan  menghargai  keberagaman.  Jika dalam pesta demokrasi mampu melahirkan pemimpin yang bersih, maka yang akan merasakan manfaatnya adalah masyarakat sendiri,” harap Kardi, Sekjen DPP Partai Nusantara

Sebagai kekuatan politik, ucap Kardi, Partai Nusantara akan terus mengawal perjalanan bangsa ini, untuk menuju Indonesia seharusnya.

“ Kita berharap, nanti dari Partai Nusantara akan lahir pemimpin-pemimpin baru, yang memiliki visi kebangsaan, sehingga bisa memberi sumbangsih yang nyata untuk rakyat, bangsa dan negara,” pungkasnya.*

Laporan : Nurdin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here